Kabar Terbaru Pembangunan Kawasan Penunjang Sirkuit MotoGP Mandalika

UANG | 17 Juli 2019 19:51 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat bahwa pembangunan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) guna menunjang keberadaan Sirkuit MotoGP di Mandalika kini sudah memasuki proses penetapan lokasi.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Sugiyartanto mengatakan, pembangunan jalan bypass di kawasan tersebut saat ini sudah masuk ke tahap penentuan lokasi. Jalan bypass sepanjang 17 Km dengan lebar 50 meter dan 4 lajur ini berfungsi untuk mendukung akses ke Sirkuit MotoGP.

"Mandalika itu yang 17 kilometer tanah sudah dalam proses, sudah keluar penentuan lokasi," jelas Sugiyartanto di Jakarta, Rabu (17/7).

Pembangunan saat ini telah dalam proses penaksiran harga (appraisal) dan lelang oleh Konsultan Jasa Penilaian Publik (KJPP), sehingga akan ketahuan berapa harga lahan per meter persegi.

Untuk penentuan harga tanah, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) telah bermusyawarah dengan masyarakat setempat sebelum melakukan appraisal dan lelang.

"Nanti harga oleh BPN dibahas bersama dengan KJPP saya enggak tahu itu, tapi harus mengikuti SPI yang baru, pedoman bagi appraisal par KJPP. Baru disosialisasikan lagi, apakah ada yang keberatan?" tuturnya.

Jika warga setuju dengan harga jual tanah yang ditetapkan Kementerian ATR/BPN, maka proses pembayaran bisa dimulai pada periode waktu Oktober atau November tahun ini.

"Nanti harapannya di Oktober atau November sudah bayar-membayar pararel dengan itu. Karena ini adalah Perpres destinasi wisata. Kalau dari sosialisasi awal penetapan lokasi itu tidak ada yang keberatan, saya harap itu bisa lancar," tukasnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Gubernur NTB Harap Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika Tingkatkan Perekonomian Warga
Kementerian PUPR Bangun Bypass 17 Km dan Sirkuit MotoGP di Mandalika
Presiden Jokowi Targetkan Sirkuit MotoGP Mandalika Rampung 2020
MotoGP di NTB, Jokowi Genjot Pembangunan Pelabuhan, Jalan & Runway Bandara
Indahnya Panorama di Lokasi Sirkuit MotoGP Lombok
Legenda Sedih di Balik Keindahan Mandalika yang Jadi Tempat MotoGP 2021 Dihelat
Indonesia Jadi Tuan Rumah MotoGP di 2021

(mdk/idr)

BERI KOMENTAR
Join Merdeka.com