Kabinet Jokowi Periode II Bakal Kebut Peningkatan Daya Saing Ekonomi RI

UANG | 17 Oktober 2019 13:39 Reporter : Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong mengatakan, pemerintah sudah memiliki sejumlah program untuk menggenjot daya saing investasi Indonesia. Program-program tersebut akan langsung dijalankan sejak hari pertama kabinet baru dilantik.

"Program sudah siap. Tinggal tunggu kabinet baru untuk langsung lari, langsung ngebet dengan dengan program yang sudah disusun," kata dia, saat ditemui, di ICE BSD, Jakarta, Kamis (17/10).

Meskipun demikian, dia belum menjelaskan secara terperinci program-program tersebut. Dia menjelaskan, salah satu program yang disiapkan akan cukup banyak berfokus pada peningkatan daya saing SDM Indonesia.

"Istilahnya kita punya labour market yang terlalu kaku. vokasinya kurang. Terlalu banyak pekerja kita terjebak di sektor informal," ungkapnya.

"Reformasi yang bisa diterapkan seperti bantuan sosial, jaminan sosial, subsidi untuk latihan vokasi supaya pekerja kita bisa naik kelas. Supaya produktivitas bisa lebih tinggi. Itu salah satu program besar kita di periode kedua," jelas dia.

Perlu diakui, bahwa kualitas SDM Indonesia masih harus ditingkatkan lagi. Sebab saat ini Indonesia masih kekurangan lulusan-lulusan berkualitas dari perguruan tinggi.

"Kekurangan insinyur, dokter, teknisi dan pelaku riset. Yang sudah ada harus tambah terampil lagi. Untuk itu kita mau mengundang misalnya universitas internasional untuk masuk ke sini supaya orang kita tidak usah jauh-jauh ke sana. Sudah dilakukan Vietnam 15 tahun yang lalu. Sudah dilakukan Malaysia 15 tahun lalu. Sudah waktunya kita juga melakukannya," tandasnya.

Baca juga:
4 Hal yang Dinilai Bikin Daya Saing Ekonomi Indonesia Turun
Biaya Logistik Jadi Penyebab Daya Saing Ekonomi RI Turun
Genjot Daya Saing Ekonomi, Pemerintah Minta Pengusaha Contek Rahasia Vietnam
Tantangan Sektor Transportasi RI di Tengah Gejolak Ekonomi Global
Bos BKPM: Indeks Daya Saing RI Akan Lebih Merosot Jika Tak Bangun Infrastruktur
Tujuh Langkah Pemerintah Jaga Iklim Usaha, Investasi dan Daya Saing Indonesia

(mdk/azz)