KAI Kolaborasi dengan BGR di Bidang Logistik, Termasuk Angkut Limbah Bahan Berbahaya

KAI Kolaborasi dengan BGR di Bidang Logistik, Termasuk Angkut Limbah Bahan Berbahaya
Jalur Kereta Api. ©2012 Merdeka.com/imam buhori
UANG | 5 Maret 2021 22:30 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT Bhanda Ghara Reksa menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) untuk menjalin kerja sama di bidang logistik dan pergudangan.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo dan Direktur Utama BGR, M. Kuncoro Wibowo di Kantor Pusat KAI, Bandung, Jumat (5/3).

MoU tersebut merupakan komitmen dan landasan bagi kedua perusahaan untuk melaksanakan kegiatan pemanfaatan layanan jasa yang dimiliki kedua perusahaan, yaitu pengiriman angkutan barang dengan kereta api untuk menunjang bisnis BGR, pengusahaan aset milik KAI, pemanfaatan pergudangan dan depo kontainer milik BGR, melakukan integrasi logistik termasuk angkutan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) dan non B3, serta melakukan optimalisasi sumber daya kedua perusahaan.

Selain itu, pada hari ini dibentuk pula Tim Bersama yang terdiri dari pegawai KAI dan BGR dalam rangka menindaklanjuti MoU tersebut. Adapun tugas dari Tim Bersama tersebut adalah menyiapkan rencana kerja, data dan informasi, usulan skema bisnis, serta melakukan koordinasi dengan instansi dan lembaga yang terkait dengan rencana dan implementasi kerja sama sinergi logistik dan pergudangan.

Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo mengatakan, kolaborasi antar BUMN ini bertujuan meningkatkan nilai kedua perusahaan, anak perusahaan, serta afiliasi kedua perusahaan dengan prinsip saling menguntungkan.

"Hari ini kita menandatangani MoU sekaligus tim kerja. Ayo kita segera jalankan dengan cepat kerja sama ini untuk memberikan suatu nilai tambah bagi kedua perusahaan," kata Didiek dalam keterangan resminya pada Jumat (5/3).

Dia menilai kolaborasi yang dibangun dengan kombinasi keunggulan di masing-masing pihak, akan terbangun kolaborasi efisiensi yang berkelanjutan. "Saya harapkan apa yang kita lakukan pada hari Jumat ini mendapatkan barokah dan memberikan manfaat bagi kedua perusahaan," tutur Didiek.

Sementara Direktur Utama BGR, M. Kuncoro Wibowo mengatakan sinergi ini sebagai fondasi penting untuk saling melengkapi dan memberikan yang terbaik. Dia berharap kerja sama ini dapat berjalan dengan lancar dan bermanfaat.

Reporter: Andina Librianty

Sumber: Liputan6.com (mdk/idr)

Baca juga:
Menhub: Ground Breaking Rel Layang Solo Dilakukan Bulan ini
Erick Thohir Angkat Ketum PBNU Said Aqil Siradj Jadi Komisaris Utama KAI
Deretan Keuntungan KAI Transformasi ke Era Digital
Penugasan Pemerintah Jadi Beban Keuangan KAI
Hadirkan Nostalgia Masa Lalu, Ini 5 Potret Lokomotif Livery Vintage Milik KAI
Kemenhub Berencana Perpanjang Rute KRL Yogyakarta-Solo Sampai Madiun

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami