Kartu Kredit Hilang Bikin Panik, Segera Eksekusi 5 Langkah Ini

UANG | 12 September 2019 10:31 Reporter : Wuri

Merdeka.com - Saat membuka dompet sepertinya ada yang terasa aneh dengan deretan kartumu. Benar, ada kartu kredit yang menghilang dari tempatnya. Kamu pun mulai panik dan mengingat-ingat kapan terakhir mengeluarkan atau menggunakannya. Setelah membongkar semua tempat yang kira-kira jadi tempat terakhir meletakkan kartu kredit, ternyata nihil.

Biasanya, kemungkinan buruk mulai memenuhi pikiranmu dan bikin makin panik. Tenangkan diri dan lakukan beberapa langkah tepat berikut ini.

Gali Kembali Memorimu

Jangan panik karena justru akan membuatmu kesulitan mengingat kapan terakhir kali melihat atau mengingat letak kartu kredit. Urut satu persatu apa saja yang sudah dilakukan seharian dan menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran. Jika perlu telepon atau datangi gerai yang sempat didatangi untuk mengetahui apakah kartu kredit tertinggal di sana.

Minta Pemblokiran pada Bank

Saat kehilangan kartu kredit, kemungkinan terburuk yang bisa dipikirkan adalah jika disalahgunakan dan membobol habis limit kredit. Untuk menghindari kerugian tersebut, jangan menunda waktu untuk menghubungi bank penerbit dan minta pemblokiran. Simpan nomor call centre yang bisa dihubungi selama 24 jam dan pastikan memiliki informasi yang tepat, seperti nomor karti kredit dan masa berlakunya.

Lacak Transaksi Terakhir Kartu Kredit

Setelah melakukan pemblokiran, tak ada salahnya untuk melacak transaksi penggunaan kartu kredit lewat internet banking. Jika transaksi terakhir dilakukan oleh dirimu sendiri, maka bisa jadi pertanda kartu kredit berada di tempat aman dan belum disalahgunakan. Sebaliknya, jika muncul transaksi yang tak dikenali maka mau tidak mau kamu terpaksa menanggung untuk membayar tagihan tersebut.

Lapor ke Kantor Polisi

Jika ingin membuat kartu kerdit baru, perlu disertakan keterangan kehilangan dari kantor polisi. Untuk mendapatkan surat tersebut, cukup datangi kantor polisi terdekat. Tidak bisa diwakilkan, prosesnya cukup singkat dan nggak dipungut biaya.

Tutup Rekening Lama dan Buka Rekening Baru

Walau sudah diblokir, untuk menghindari transaksi yang tak diinginkan, tutup kartu kredit yang sudah hilang. Cara ini juga diperlukan jika ingin membuka kartu kredit baru dengan tetap menggunakan nomor kartu kredit lama.

Nantinya, ada beberapa persyaratan yang diminta. Mulai dari mengisi formulir pendaftaran, melengkapi dokumen yang diperlukan termasuk surat keterangan kehilangan dari polisi, hingga memastikan semua tagihan telah dilunasi. Jika ingin menunda pembayarannya, tagihan akan dibbankan pada tagihan kartu kredit baru.

Apa yang hilang mungkin tidak akan kembali padamu. Daripada hanya meratapi nasib, sebaiknya jadikan sebagai pelajaran yang berharga agar tidak sampai terulang kembali. (eth)

(mdk/wri)