Kaspersky Soal Data Penumpang Grup Lion Air Bocor: Kami Sudah Mengirimkan Peringatan

UANG | 19 September 2019 10:22 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo

Merdeka.com - Kaspersky, perusahaan keamanan siber asal Rusia, menyatakan telah memberikan peringatan kepada penggunanya pada 13 September terkait kebocoran data penumpang grup Lion Air. Tepatnya dua hari setelah informasi mengenai pelanggaran data Malindo Air dan Thai Lion Air dipublikasikan.

"Kami mengirimkan peringatan kepada pengguna Kaspersky Security Cloud di Thailand dan Malaysia. Peringatan berisi pemberitahuan tentang pelanggaran dan meminta mereka untuk memperhatikan email (surat elektronik) masuk, pesan teks, dan panggilan dengan lebih hati-hati," tulis Kaspersky dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (19/9).

Kaspersky menambahkan peringatan ini dilakukan oleh Security News, komponen dalam produk yang digunakan untuk menginformasikan kepada pengguna tentang berita penting terkait keamanan siber yang muncul dalam domain publik dengan cepat.

"Kaspersky tidak pernah menghasilkan laporan atau intelijen spesifik lainnya mengenai kebocoran data maskapai Lion Group. Informasi yang diperoleh sebelumnya dilaporkan oleh saluran twitter Under the Breach."

Sebelumnya, Kaspersky Lab, perusahaan keamanan siber Rusia, melaporkan sekitar 30 juta data penumpang Malindo Air dan Thai Lion Air bocor. Data yang bocor meliputi passport, alamat, dan nomor kontak.

Dilansir dari Channel News Asia, Rabu (18/9), Malindo Air mengatakan tengah menginvestigasi laporan kebocoran data ini.

Kaspersky mengatakan sebagian data penumpang maskapai grup Lion Air yang bocor telah diperjualbelikan dalam pasar gelap.

Baca juga:
30 Juta Data Penumpang Maskapai Grup Lion Air Diduga Bocor
Ridwan Kamil Buka-bukaan Penyebab Bandara Kertajati Tinggal Dilayani 2 Maskapai
30 Persen Penerbangan Dibatalkan Imbas Kebakaran Hutan dan Lahan
Samarinda Dikepung Asap, Lion Air Pindahkan 23 Rute Penerbangan ke Balikpapan
Daftar Ratusan Penerbangan Lion Air yang Batal & Delay Gara-gara Kabut Asap
Lion Air Batalkan Seluruh Penerbangan ke Kaltara Karena Kabut Asap
105 Penerbangan Lion Air Terdampak Kabut Asap Sumatera dan Kalimantan

(mdk/bim)