Mobilitas di 9 Kota Naik, 4 Provinsi Masih Siaga PPKM Level 4

Mobilitas di 9 Kota Naik, 4 Provinsi Masih Siaga PPKM Level 4
Menko Airlangga. Istimewa ©2021
EKONOMI | 30 Agustus 2021 20:14 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyebutkan, terdapat 9 kabupaten/kota di luar wilayah Jawa dan Bali yang mengalami kenaikan tingkat mobilitas selama masa PPKM berlevel.

"Terdapat 9 kabupaten/kota yang ada kecenderungan meningkat. Yaitu Lampung, Pekanbaru, Pematang Siantar, karena ini merupakan aglomerasi dengan Simalungun. Kemudian Kota Jambi, Sumba Timur, Kupang, Jayapura, Padang dan Palembang," paparnya dalam sesi teleconference, Senin (30/8).

Sementara itu, masih terdapat 4 provinsi di luar Jawa-Bali yang kini masih memberlakukan PPKM level 4. Jumlah itu turun dari sebelumnya sebanyak 7 provinsi.

"Di tingkat provinsi terjadi perbaikan level asesmen pada 18 Agustus terdapat 7 provinsi dengan level 4 dan turun jadi 4 provinsi pada 28 Agustus. Sulawesi Utara, Bangka Belitung, Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur," terang Airlangga.

Penurunan jumlah wilayah di PPKM level 4 luar Jawa-Bali juga terjadi untuk 85 kabupaten/kota pada 28 Agustus dari 104 kabupaten/kota pada 20 Agustus. Lalu PPKM level 3 turun dari 234 kabupaten/kota menjadi 232 kabupaten/kota.

"Kemudian tingkat 2 naik dari 48 kabupaten/kota jadi 68 kabupaten/kota pada 28 Agustus. Dan tingkat 1 naik dari 0 menjadi 1, dan dari level tersebut di luar Jawa Bali terjadi perbaikan level asesmen," ungkap Airlangga.

Sedangkan 3 kabupaten di luar Jawa-Bali juga mengalami perbaikan untuk kasus positif Covid-19, yakni Palembang, Batanghari, dan Sumba Timur.

"Sebanyak 31 kabupaten/kota ini telah menunjukan perbaikan baik dari konfirmasi, kesembuhan, positivity rate, dan bed occupancy rate," pungkas Airlangga. (mdk/idr)

Baca juga:
Pelonggaran PPKM, Mal Buka Sampai Jam 9 Malam & Kapasitas Restoran Boleh 50 Persen
PPKM Jawa-Bali Diperpanjang, 25 Daerah Masih Terapkan PPKM Level 4
Langgar PPKM, Pria di Samarinda Kedapatan Simpan Sabu di Sandal
PPKM di 4 Provinsi Luar Jawa-Bali Turun Level 3, Kabupaten/Kota Jadi 85 Daerah
Jokowi: Semarang Raya Berhasil Turun ke PPKM Level 2

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami