Ke Mana Langkah Jokowi Pergi Selalu Ada Menteri Basuki

UANG | 10 Oktober 2019 07:30 Reporter : Desi Aditia Ningrum

Merdeka.com - Presiden Jokowi pernah menjulukinya sebagai bapak infrastruktur. Dia adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Nama menteri yang satu ini begitu familiar di tengah gencarnya infrastruktur yang dibangun oleh pemerintah.

Menteri Basuki bahkan disebut sebagai menteri kesayangan. Di mana ada presiden, di situ ada Menteri Basuki. Dalam banyak kesempatan, apalagi peresmian proyek infrastruktur Menteri Basuki selalu ada mendampingi sang presiden.

Berikut ulasan dan potret tentang sosok Basuki Hadimuljono, sang menteri yang sering mendampingi Presiden Jokowi:

1 dari 4 halaman

Saat Di Ambon

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono kerap kali mendampingi Presiden Jokowi saat melakukan kunjungan kerja atau menghadiri acara. Seperti saat peringatan Hari Pers Nasional tahun 2017. Kala peringatan itu Jokowi berada di Ambon, Maluku bersama Sekab Pramono Anung Kepala Sekretariat Presiden Darmansyah Djumala, Menteri Basuki dan sebagainya.

Di kota itu Jokowi menyempatkan untuk blusukan ke Maluku City Mal. Di sana Jokowi bersama rombongan masuk ke toko buku Gramedia. Kabarnya Jokowi ingin membeli buku. Namun yang menjadi sorotan, saat Kepala Negara ini melakukan sesi wawancara nampak di belakang ada Menteri Basuki tengah bermain gitar sambil bernyanyi 'Sepanjang Jalan Kenangan'. Beragam komentar muncul saat video itu diunggah ke YouTube.

"Nah, saat Presiden mau bayar bukunya di kasir, ada gitar yang sedang dipajang. Saya ambil saja. Eh, ternyata Pak Pramono ikut nyanyi dan Pak Djumala ikut ngambil gitar lain. Ya sudah, kami gitaran sambil nyanyi," kata Basuki saat dimintai tanggapannya di kesempatan berbeda.

2 dari 4 halaman

Kulineran

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono tidak pernah absen mendampingi Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerja. Bukan hanya bekerja, untuk urusan perut, Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga sering mengajak Menteri Basuki. Dari restoran hingga jajanan pinggir jalan mereka susuri.

"Saya, sering ke lapangan apalagi bersama bapak Presiden. Beliau itu seringnya ngajak kuliner. Beliau itu ngajak kuliner yang khas daerah. Tidak harus di hotel dan di restoran besar, bisa di Palembang itu makan malam di Bang Roy," kata Basuki di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (9/10).

3 dari 4 halaman

Nyanyi Bareng Musisi Jalanan

Saat melakukan kunjungan kerja ke Bandung, Jawa Barat, Presiden Jokowi ditemani Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Di sana Presiden bersama rombongan makan di Rumah Makan Sate dan Gule Kambing.

Setelah selesai makan, Jokowi menghampiri musisi jalanan yang biasa menyanyi di depan rumah makan itu. Saat itu Jokowi menikmati alunan musik dan lagu yang dibawakan musisi jalanan. Menariknya Menteri Basuki turut memainkan gitar yang dipinjamkan oleh musisi tersebut. Mereka bernyanyi bersama lagu "Jambalaya (On The Bayou)".

4 dari 4 halaman

Menemani Motoran

Presiden Jokowi memiliki hobi mengendarai motor. Untuk memenuhi kebutuhan hobinya, Jokowi membeli motor Chopperland yang telah dimodifikasi oleh Elders Garage dan Kickass Chopper. Sampai suatu ketika, Jokowi melakukan touring ke Sukabumi dengan motor tersebut.

Touring itu sekaligus melakukan kunjungan kerja. Kala itu menteri yang tak pernah ketinggalan mendampingi Jokowi ialah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Jokowi dan Basuki kompak bergaya anak motor.

Basuki pernah mengatakan bahwa ia memiliki hobi yang sama dengan atasannya itu. Dia mengaku kegemarannya naik motor lantaran ketularan Jokowi. (mdk/dan)

Baca juga:
Menteri Basuki Lima Tahun Bersama Jokowi, Dari Kerja Sampai Urusan Perut
Menteri-Menteri ini Dipuji Jokowi, Akankah Dilirik Lagi?
VIDEO: Basuki Ungkap Kebiasaan Jokowi Saat Kunjungan ke Daerah
VIDEO: Momen Tak Terlupakan Basuki, 5 Tahun Kerja Bareng Jokowi
Basuki Hadimuljono Ngaku Belum Ditawari Kembali Jadi Menteri
Menteri PUPR: Pembangunan di Wamena Dibantu TNI Agar Aman dan Cepat