Kebijakan New Normal Dinilai Bisa Hentikan PHK

Kebijakan New Normal Dinilai Bisa Hentikan PHK
UANG | 27 Mei 2020 10:54 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) mengadakan acara Forum Ketum BPP dan BPD HIPMI se-Indonesia secara online melalui virtual zoom. Ketua Umum BPP HIPMI Mardani Maming memberikan arahan dan kebijakan kepada 34 Ketum BPD seluruh Indonesia untuk menerapkan new normal.

Maming mengatakan dengan penerapan new normal, kegiatan ekonomi telah mendapat kepastian sehingga usaha tidak berhenti terlalu lama. Langkah tersebut juga diharapkan dapat menghentikan peningkatan pemutusan hubungan kerja (PHK).

"Karena pemerintah mau keluarkan keputusan ini. Jadi, boleh tetap bekerja tetapi tetap mengikuti anjuran standar protokol kesehatan penanganan Covid-19," ujarnya di Jakarta, Rabu (27/5).

Dalam menghadapi new normal, Maming memberikan kesempatan kepada para pengusaha di sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan menghadirkan tempat belanja online. Artinya, banyak pengusaha khususnya BPD di sektor UMKM tidak tahu bagaimana cara memasarkan produknya scara online seperti bukalapak.

"Kita memberikan pelatihan secara virtual untuk masuk ke aplikasi seperti bukalapak dan langkah-langkah apa saja yang kita harus lakukan dengan mengadakan acara rapat secara virtual," imbuhnya.

1 dari 1 halaman

Panduan New Normal

Kementerian Kesehatan RI telah menerbitkan Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada situasi Pandemi.

Dengan aturan tersebut, dunia usaha dan pekerja akan bisa memulai aktivitasnya di tengah-tengah pandemi.

"Untuk itu pasca pemberlakuan PSBB dengan kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, perlu dilakukan upaya mitigasi dan kesiapan tempat kerja seoptimal mungkin sehingga dapat beradaptasi melalui perubahan pola hidup pada situasi Covid-19 atau New Normal," kata Menkes Terawan Agus Putranto dalam keterangannya seperti dikutip Senin (25/5).

infografis the new normal di kantor

©2020 Merdeka.com

Dalam aturan tersebut, Terawan meminta tempat usaha bisa melihat asupan nutrisi bagi karyawannya. Bahkan diminta disediakan, vitamin.

"Mengatur asupan nutrisi makanan yang diberikan oleh tempat kerja, pilih buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, jambu, dan sebagainya untuk membantu mempertahankan daya tahan tubuh. Jika memungkinkan pekerja dapat diberikan suplemen vitamin C," demikian bunyi salah satu aturannya tersebut. (mdk/azz)

Baca juga:
Edhy Prabowo: New Normal Sudah Diterapkan di KKP
80 Mal di Jakarta Bersiap Hadapi New Normal
Hadapi New Normal, Masyarakat Diharapkan Disiplin Perangi Virus Corona
Penerapan New Normal, Kapolri Sebut Tugas Polisi Mendisiplinkan Warga Bukan Menghukum
Politisi NasDem: Mestinya dari Awal TNI-Polri Dilibatkan Disiplinkan Masyarakat
Terapkan New Normal, Pemerintah Diingatkan Beri Perhatian ke Pesantren

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Agama Sejatinya Tidak Menyulitkan Umatnya - MERDEKA BICARA with Menteri Agama Fachrul Razi

5