KEIN Harap Kabinet Pemerintahan Baru Harus Berubah

UANG | 27 Mei 2019 16:53 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Soetrisno Bachir mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengubah komposisi dan jajaran kabinet yang akan memimpin Indonesia dalam lima tahun ke depan.

Dia menilai, perubahan ini perlu dilakukan mengingat fokus kerja pemerintah dalam lima tahun ke depan berbeda dengan lima tahun sebelumnya. Jika sebelumnya fokus pembangunan infrastruktur kinerja pemerintah ke depan akan fokus ke pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan meningkatkan ekspor.

"Kabinet ke depan akan berbeda, karena sasaran dan tujuannya sudah berbeda. Makanya Pak Presiden itu sempat bilang kalau perlu akan dibuat Menteri khusus ekspor dan khusus investasi, ya karena memang itu yang kita perlukan saat ini," tegas dia di Hotel Pullman, Jakarta, Senin (27/5).

Untuk soal infrastruktur, menurutnya sudah saatnya swasta yang melanjutkan pembangunan. Pemerintah dan BUMN sudah cukup banyak dalam membangun infrastruktur dasar demi memberikan stimulus untuk swasta.

Alasan Soetrisno, Indonesia saat ini butuh membangun kekuatan ekonomi dalam negeri. Terlebih saat ini Indonesia tengah dihadapkan pada gejolak ekonomi dunia, seperti diantaranya maraknya perang dagang antar negera.

Dia mencontohkan, seperti tugas Menteri Perhubungan ke depannya tidak hanya membangun berbagai fasilitas infrastruktur di berbagai wilayah. Hanya saja Menhub ke depan perlu meningakkan daya saing infrastuktur transportasi yang memudahkan ekspor.

"Jadi kalau ada China yang mau investasi di Indonesia, jangan lagi di Jawa, tapi di Kalimantan Utara, Sumatra, Sulawesi, itu tempat-tempat jadi pintu gerbang ekspor kita. Jadi butuh orang-orang yang berani seperti itu," tegasnya.

Reporter: Ilyas Istianur Praditya

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Menlu: Sudah 40 Negara Ucapkan Selamat ke Jokowi
Yusril Nilai Link Berita Bisa Jadi Bukti Sidang Gugatan MK Asal Diperkuat Saksi
Luhut: Jokowi Siap Bertemu, Bolanya Ada di Prabowo
Waketum PAN Nilai Bukti Prabowo-Sandi di MK Tidak Masuk Akal
PDIP Minta Masyarakat Utamakan Semangat Rekonsiliasi Pascapemilu
Kader Muhammadiyah dan NU Kemungkinan Bakal Jadi Menteri Jokowi Lagi

(mdk/azz)