KEIN Soal Industri 4.0: Harus Dilakukan Bertahap

UANG | 24 April 2019 20:08 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Digitalisasi telah memasuki seluruh aspek kehidupan, tak terkecuali aspek bisnis. Sudah banyak teknologi yang bisa diimplementasikan untuk mempermudah pebisnis menjalankan usahanya.

Untuk urusan implementasi teknologi pada industri atau industri 4.0, Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN), Soetrisna Bachir, menyatakan seluruhnya harus dilakukan bertahap.

Dia mencontohkan Thailand sebagai salah satu negara yang menerapkan digitalisasi dalam dunia bisnis. Thailand punya tahap sendiri dan kemungkinan besar akan jadi contoh bagi Indonesia.

"Semuanya bertahap, jangan semuanya langsung 4.0. Kemarin KEIN sudah studi banding ke Thailand, di sana kalau perusahaan mau 4.0 itu harus melewati beberapa tahap, misalnya lewat Kementerian Dalam Negeri dulu. Kita juga akan ke sana, memang kita perlu 4.0 tapi jangan semua pekerjaan ditinggalkan," ujarnya di Jakarta, Rabu (24/4).

Dirinya menambahkan, Thailand juga punya kriteria tertentu supaya perusahaan bisa dengan tepat menerapkan teknologi. Oleh karenanya, pemerintah harus mendorong agar masyarakat punya kemampuan atau skill mumpuni agar dapat menerapkan 4.0 dengan baik sekaligus menciptakan lapangan kerja.

"Seperti yang saya katakan, SDM harus terampil supaya bisa menciptakan lapangan kerja," ungkapnya.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6

Baca juga:
Sambut Era Industri 4.0, BI Dorong Pelaku UMKM Melek Digital
Usai Pemilu 2019, Menteri Airlangga Optimistis Kinerja Industri Semakin Baik
IIS Dinilai Jadi Roadmap Pengembangan Industri RI Berbasis Teknologi
Penerapan Industri 4.0 Bakal Tekan Biaya Produksi Hingga 40 Persen
Lewat Program Ini, Kemenperin Dorong Perusahaan Bertransformasi ke Industri 4.0
SPH dan Kadin Sinergi Dorong Percepatan Industri 4.0
Bos BKPM Beberkan Pekerjaan Rumah Bidang Investasi Presiden Terpilih

(mdk/bim)