Kejadian lebah mengerubungi pesawat juga pernah dialami jet tempur Amerika

Kejadian lebah mengerubungi pesawat juga pernah dialami jet tempur Amerika
UANG | 22 September 2017 19:39 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo

Merdeka.com - Pesawat diserbu oleh lebah bukan pertama kali terjadi di dunia penerbangan. Seperti, siang tadi, kawanan lebah menempel di sayap pesawat Citilink di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumut.

Dikutip dari berbagai sumber, pesawat Garuda Indonesia rute Medan-Jakarta pernah menunda perjalanan usai adanya lebah masuk ke lubang udara pesawat. Kejadian ini terjadi pada Mei tahun lalu.

Selain di Indonesia, serangan lebah pada pesawat juga terjadi di Vietnam tahun lalu. Pesawat milik Vietnam Airlines di Bandara Internasional Tan Son Nhat diserbu ratusan lebah yang hinggap di hidung pesawat.

Lebah juga sempat mengganggu pesawat tempur Super Stealth F-22 Raptor milik Angkatan Darat Amerika Serikat (AS). Usai ditemukan sarang yang dihuni 20.000 lebih lebah madu di dalam knalpot pesawat.

Di Rusia, pesawat maskapai Rossiya diserbu ratusan lebah saat akan lepas landas dari Bandara Moskow. Kawanan lebah itu menutupi sayap dan kaca pesawat.

Di 2015, maskapai Minnesota Allegiant Airlines juga diserang kawanan lebah. Para lebah itu hingga di kaca kokpit hingga akhirnya mereka tersedot ke mesin pesawat.

Sebelumnya, Branch Communication and Legal Manager Bandara Kualanamu, Wisnu Budi Setianto membenarkan adanya peristiwa lebah menempel di sayap pesawat Citilink. Namun mereka belum dapat memastikan penyebabnya.

"‎Fenomena tersebut baru pertama kali terjadi," katanya.

Pihak Angkasa Pura (AP) II mengerahkan petugas untuk membersihkan lebah itu. Penerbangan pesawat itu pun terpaksa ditunda.

‎"Kejadian dimaksud berdampak pada penundaan jadwal penerbangan Citilink selama 1,5 jam," jelas Wisnu. (mdk/bim)

Pengamat soal ribuan lebah mengerubungi sayap pesawat: Ajaib, seumur-umur baru lihat

Ribuan lebah menempel di sayap pesawat Citilink, penerbangan tertunda 1,5 jam

Citilink buka rute penerbangan langsung Medan-Yogyakarta

Tak terima barang dipindah ke bagasi, pasutri ngamuk di pesawat

Citilink buka rute ke Jakarta-Ambon, harga tiket Rp 1.069.200

Citilink terbangkan 549.541 penumpang selama libur Lebaran

Mudik 2017, tingkat ketepatan waktu Citilink capai 87 persen

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami