Kekayaan Tembus USD 100 T, Mark Zuckerberg Resmi Bergelar Centibillionaire

Kekayaan Tembus USD 100 T, Mark Zuckerberg Resmi Bergelar Centibillionaire
UANG | 13 Agustus 2020 06:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - CEO Facebook, Mark Zuckerberg ditetapkan menjadi centibillionaire atau seseorang yang memiliki kekayaan sebesar USD 100 miliar pada Kamis (5/8) lalu. Dia berhasil melewati setelah saham di jejaring sosial melonjak. Hanya dua pria lain, Jeff Bezos dari Amazon (AMZN) dan Bill Gates dari Microsoft (MSFT), memiliki kekayaan pribadi yang lebih besar.

Kekayaan Zuckerberg melonjak karena saham Facebook naik 6,5 persen pada Kamis (5/8) lalu, sehari setelah perusahaan meluncurkan fitur yang mirip dengan TikTok, Reels, di Instagram. Perilisan fitur video pendek bertepatan ketika Presiden AS Donald Trump mengancam untuk melarang TikTok.

Trump memanfaatkan ancaman itu dengan mengeluarkan perintah eksekutif bahwa dia akan memblokir TikTok beroperasi di Amerika Serikat jika pemilik China-nya, ByteDance, tidak menjual bisnisnya ke perusahaan AS dalam 45 hari. Sementara itu, ByteDance telah bernegosiasi dengan Microsoft mengenai potensi penjualan aplikasi tersebut.

Baru-baru ini, CEO TikTok, Kevin Mayer juga memberikan pernyataan langsung pada Facebook bahwa fitur Reels pada Instagram merupakan produk tiruan.

Reels diluncurkan seminggu setelah Facebook melaporkan pendapatan yang kuat. Kamis lalu, perusahaan mengatakan telah mencapai rekor 3 miliar pengguna di seluruh platformnya, termasuk WhatsApp dan Instagram.

Perusahaan juga mencatat bahwa mereka diuntungkan karena lebih banyak masyarakat di seluruh dunia berdiam di rumah selama pandemi. Sehingga saham Facebook naik hampir 30 persen sepanjang tahun ini, menambahkan USD 22 Miliar ke kekayaan Zuckerberg.

Pada tahun 2010, Kepala Eksekutif Facebook ini turut menandatangani Giving Pledge, sebuah inisiatif yang digagas oleh Warren Buffett dan Bill dan Melinda Gates untuk mengajak orang-orang kaya di dunia agar menyumbangkan sebagian besar kekayaan mereka untuk amal.

Akhirnya, di tahun 2015, Zuckerberg mengumumkan bahwa akan memberikan apa yang dia hasilkan dari 99 persen saham Facebooknya.

Reporter Magang: Theniarti Ailin (mdk/azz)

Baca juga:
Deretan Miliarder Wanita Puncaki Bisnis Perawatan Kesehatan Terkaya di China
Bill Gates Ingin AS Distribusikan Vaksin Covid-19 ke Negara Miskin
Orang Terkaya Nomor 3 Dunia Ini Kehilangan Rp87 Triliun dalam Satu Minggu
Kekayaan Bos Louise Vuitton Turun USD 6 M Usai Penutupan Toko Akibat Pandemi
10 Negara Pemilik Orang Terkaya Terbanyak Dunia di 2020
Nia Ramadhani Terang-terangan Tak Takut Ardi Bakrie Direbut Pelakor 'Gue PD Aja'

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami