Kemenaker Target Bangun 100 Balai Latihan Kerja Tahun Ini

Kemenaker Target Bangun 100 Balai Latihan Kerja Tahun Ini
UANG | 5 Agustus 2020 10:44 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Kementerian Ketenagakerjaan meluncurkan program bantuan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Tahap I Tahun 2020. Untuk tahap awal program BLK Komunitas mencakup pembangunan 100 lembaga dari total target 1.000 lembaga.

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah menjelaskan, BLK Komunitas merupakan terobosan dari Presiden Joko Widodo sejak tahun 2017. Terobosan ini bertujuan untuk melengkapi soft skill dan pendidikan karakter di lembaga pendidikan keagamaan dengan tambahan keterampilan atau hard skill.

Selain itu, pendirian BLK Komunitas adalah upaya meningkatkan sebaran lembaga pelatihan kerja di Tanah Air. Sekaligus upaya pemerintah untuk mempermudah akses pelatihan kepada masyarakat atau komunitas.

"Saya titip kepada lembaga penerima bantuan BLK Komunitas tahap I. Semoga acara ini menjadi langkah awal dalam komitmen nyata kita semua untuk turut serta berperan aktif dalam mempercepat peningkatan kompetensi SDM Indonesia," kata dia dalam pernyataannya, Rabu (5/4).

Dia mengungkapkan, sejak 2017-2019, Kemenaker telah mendirikan 1.113 BLK Komunitas yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Namun, di masa pandemi saat ini, pihaknya pun pihaknya mengurangi kapasitas yang semula dialokasikan 2.000 menjadi 1.000 BLK Komunitas.

"Memang berkurang, tapi kalau dari 1000 BLK itu tersebut mampu maksimal mengerjakan peran-peran pelatihan vokasi, maka harus dibayangkan 1000 rasa 2000 BLK," katanya.

Baca Selanjutnya: Jika selama ini pemerintah melakukan...

Halaman

(mdk/azz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami