Kemendag Optimis Ekspor Makanan Olahan Bakal Bertahan di Tengah Pandemi

Kemendag Optimis Ekspor Makanan Olahan Bakal Bertahan di Tengah Pandemi
UANG | 30 Juni 2020 13:53 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto menyebutkan sektor makanan olahan sebagai salah satu sektor yang masih berkembang di tengah anjloknya penjualan produk Indonesia di pasar ekspor.

"Meskipun penjualan produk Indonesia di pasar ekspor secara umum mengalami penurunan di tengah pandemi, akan tetapi beberapa sektor produk seperti pertanian, kesehatan, dan produk makanan olahan masih memiliki peluang yang besar untuk terus tumbuh," ujarnya dalam Pelepasan Kontainer Ekspor ke-4000 Mayora Group, Selasa (30/6).

Agus optimis bahwa sektor makanan dan minuman dipastikan dapat bertahan dan berkembang di tengah kondisi saat ini. Untuk itu, diperlukan strategi khusus dalam memasarkan produk yang inovatif dan berkualitas serta meningkat mutunya.

"Namun juga perlu diperhatikan adanya peningkatan awareness dan daya beli konsumen untuk produk makanan dan minuman yang hygiene," imbuhnya.

Khusus produk makanan olahan Indonesia pada periode Januari 2020 berhasil mencatatkan nilai ekspor sebesar Rp 1,32 miliar, atau meningkat sekitar 7 persen dari periode yang sama tahun lalu. Sedangkan negara tujuan ekspor produk makanan olahan Indonesia pada tahun 2020 Januari-April yaitu sekitar USD 200 juta, Filipina USD 161 juta, Malaysia USD 101,6 juta, dan Singapura USD 74,9 juta, serta Jepang USD 71,9 juta.

"Dalam hal ini, strategi Kementerian Perdagangan dalam rangka ekspor antara lain melalui mempermudah juga SKA (Surat Keterangan Asal) Barang ekspor, menerapkan automatic terhcnical dalam pemrosesan perijinan ekspor dan impor bagi reputable traders, dan peningkatan percepatan layanan ekspor impor melalui pengawasan nasional logistic ecosystem, peningkatan fasilitas informasi," jelasnya.

Reporter: Pipit Ika Ramadhani

Sumber: Liputan6.com (mdk/azz)

Baca juga:
Kemendag Beri Pendampingan agar UMKM Rambah Pasar Internasional
UMKM Sumbang 61 Persen ke PDB, Tapi Nilai Ekspor UMKM Masih Rendah
Mendag Agus Dorong BUMN dan Importir Beli Gula Petani
Mendag Agus Sebut Mal Dibuka untuk Hindari Bertambahnya Angka PHK Karyawan
Kemendag bakal Dorong Ekspor Temu Kunci dan Temulawak
Indonesia Jadi Negara Kedua dengan Ekspor Vanilla Terbesar di Dunia


Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Agar Jiwa Tak Terguncang Karena Corona

5