Kemendag Waspadai Potensi Anjloknya Harga Cabai dan Bawang Merah

Kemendag Waspadai Potensi Anjloknya Harga Cabai dan Bawang Merah
Cabai. ©2018 Merdeka.com
EKONOMI | 16 September 2021 20:45 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Kementerian Perdagangan mewaspadai penurunan harga cabai dan bawang merah secara bersamaan dalam beberapa waktu belakangan. Setelah sebelumnya cenderung naik, harga cabai sudah mulai turun baik dibanding seminggu lalu maupun bulan lalu seiring dengan panen raya di berbagai daerah sentra produksi.

"Penurunan harga terjadi tidak hanya di tingkat eceran, namun juga di pasar induk dan tingkat petani," demikian dikutip data Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (16/9).

Berdasarkan laporan dari Kementerian Pertanian dan Asosiasi Petani Cabai terjadi oversupply di beberapa daerah sentra. Kondisi oversuplly dan lemahnya permintaan karena dampak pandemi membuat harga cabai semakin turun.

Di pasar induk rawit merah dibanderol Rp37.400 per Kg, keriting dibanderol Rp10.000 per Kg, cabai besar sebesar Rp8.700 per Kg, cabai rawit merah sebesar Rp10.000 per Kg, cabai keriting senilai Rp26.200 per kg.

Sementara itu, di tingkat eceran nasional petani cabai besar diperdagangkan dengan harga Rp26.700 per Kg, cabai keriting senilai Rp18.000 per Kg, cabai besar senilai Rp20.100 per Kg, cabai rawit merah senilai Rp21.200 per Kg.

Sementara itu, harga bawang merah sudah mulai turun baik dibanding seminggu lalu maupun bulan lalu seiring dengan penambahan pasokan di pasar induk dan pasar eceran.

"Perlu diwaspadai penurunan harga di tingkat petani seiring dengan masuknya musim panen di beberapa sentra produksi bawang merah," tulis Kementerian Perdagangan. (mdk/idr)

Baca juga:
Kemendag Ramal Harga Daging Ayam, Sapi dan Kedelai Bakal Naik
Peternak Ungkap Sebab Harga Telur Saat ini Anjlok Hingga Rp 15.000 per Kg
Harga Cabai Tercatat Turun Jadi Rp10.000 per Kg
Harga Cabai Anjlok Jadi Rp3.000 per Kg, Petani Merugi dan Pilih Bakar Tanaman
Kementan Ungkap Penyebab Anjloknya Harga Cabai
Strategi Kementan Antisipasi Anjloknya Harga Cabai di Pasaran

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami