Kemenhub Bakal Bangun 2 Bandara Baru dan Perpanjang 13 Landasan Pacu di 2020

Kemenhub Bakal Bangun 2 Bandara Baru dan Perpanjang 13 Landasan Pacu di 2020
UANG | 14 Agustus 2020 21:10 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprioritaskan pembangunan 2 bandara baru di 2020. Selain itu, program prioritas lain di sektor penerbangan yaitu pengembangan 15 terminal dan perpanjangan 13 runway atau landasan pacu.

"Kita tahu semua saat ini sedang covid-19, namun demikian pembangunan dan proses kemajuan transportasi udara kami kejar terus, supaya nanti pada saat covid-19 selesaikan maka kita bisa catch up terhadap kemajuan yang sudah ada," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Novie Riyanto dalam webinar Transportasi untuk Merajut Keberagaman, Jumat (14/8).

Adapun 2 lokasi pembangunan bandara baru di Buntu Kunik Tana Toraja dan Ngloram di Jawa tengah. Untuk 15 lokasi pengembangan terminal di Ngloram, Trunojoyo, Data Dawai, Dobo, Bima, Umbu Mehang Kunda, Mali-Alor, Tanah Merah, Eratotali, Mozes Kilangin-Timika, Bilorai, Illaga, Merdei, Babo, dan Malinau.

Sementara untuk 13 lokasi perpanjangan dan pelebaran runaway di Ngloram, Japura, Pembuang, Andi Jemma, Bima, Taufik Kiemas, Tabelian, Kuala Kurun, Melak, Siau, Kamur, Kepi, dan Ilaga.

Kementerian Perhubungan menyadari memang masih banyak kekurangan-kekurangan dalam peningkatan bandar udara. Namun dengan adanya pandemi covid-19 ini pihaknya memiliki kesempatan untuk bisa menggenjot pembangunan infrastruktur.

"Kita contoh saja misalnya untuk tahun ini kita sudah melakukan pembangunan bandara baru di dua lokasi, pembangunan dan pengembangan terminal di 15 lokasi, dan 13 lokasi lainnya demikian dengan konektivitas nasional kita banyak sekali melakukan perbaikan," jelasnya.

Baca Selanjutnya: Keselamatan dan Keamanan Penerbangan...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami