Kemenhub Berangkatkan 2.120 Pemudik Gratis dan Disabilitas di Terminal Pulogebang

Kemenhub Berangkatkan 2.120 Pemudik Gratis dan Disabilitas di Terminal Pulogebang
UANG » MALANG | 21 Desember 2019 11:57 Reporter : Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberangkatkan sebanyak 2.120 pemudik gratis melalui Terminal Pulogebang, Jakarta Timur di libur Natal dan Tahun Baru. Dalam mudik kali ini, kementerian juga menyediakan bus khusus untuk mengantar para disabilitas.

Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiadi menyampaikan, pemberangkatan mudik gratis disabilitas menggunakan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) menjadi yang pertama kali dilakukan.

"Kita juga harus ingat bahwa ada saudara kita penyandang disabilitas, kita siapkan kendaraan," tutur Budi di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur, Sabtu (21/12).

Budi menyebut, ada sebanyak 53 bus yang disediakan untuk menuju sejumlah wilayah. Di antaranya Solo, Semarang, Yogyakarta, Malang, dan Purwokerto.

"Sebetulnya pemerintah siapkan angkutan bus ini bukan sekedar membantu saja, tapi juga berharap di 2020 ada perubahan fundamental terhadap cara pandang masyarakat untuk angkutan bus," jelas dia.

1 dari 1 halaman

Untuk Disabilitas

Untuk disabilitas, lanjutnya, ada sebanyak 20 orang diberangkatkan hari ini dengan menggunakan dua bus ramah anak dan disabilitas. Sementara nanti disusul lagi 30 pemudik penyandang disabilitas pada 26 Desember 2019.

"Ada yang sebelumnya 17 orang disabilitas yang mudik ke Medan dan NTT kami berangkatkan dengan pesawat. Ada di antara mereka yang 16 tahun tidak pernah kembali ke NTT," Budi menandaskan. (mdk/idr)

Baca juga:
Pengemudi Bus Kini Berseragam Seperti Pilot
Kemenhub Beri Tiket Mudik Natal Gratis untuk Disabilitas
Ini Jadwal Lengkap dan Ruas Jalan Pembatasan Mobil Barang Selama Libur Natal
Kemenhub Kenalkan Bus Mudik Ramah Anak dan Disabilitas
Mutasi 592 Pejabat Tinggi, Menhub Budi Kerap Terima Laporan yang Meresahkan UPT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami