Kemenhub Reaktivasi Jalur KA Ciranjang-Cipatat Sepanjang 15 Km

Kemenhub Reaktivasi Jalur KA Ciranjang-Cipatat Sepanjang 15 Km
UANG | 21 September 2020 10:58 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kementerian Perhubungan melakukan reaktivasi jalur kereta api (KA) relasi Ciranjang-Cipatat dengan panjang lintasan 15 km. Ini merupakan tindak lanjut dari reaktivasi segmen 1 Cianjur - Ciranjang yang telah dilaksanakan pada tahun 2019 lalu.

"Lintas ini adalah segmen 2 dari rencana program reaktivasi Cianjur-Padalarang yang sudah tidak beroperasi sejak tahun 2012. Segmen 2 ini Ciranjang-Cipatat sepanjang 15 km," kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri dalam peresmian secara virtual, Senin (21/9).

Adapun, anggaran yang disiapkan untuk reaktivasi jalur KA ini adalah Rp 118,87 miliar yang berasal dari APBN 2019 dengan pekerjaan antara lain peningkatan jalur dengan penggantian Rel KA R.33 menjadi Rel R.54 dan juga normalisasi badan jalan.

Selanjutnya, pembangunan segmen terakhir atau segmen 3 Cipatat - Padalarang sepanjang 13,8 kilometer nanti akan segera dilakukan dan ditargetkan dimulai pada tahun 2022. "Nanti (pembangunan jalur segmen 3) dilanjutkan Cipatat - Padalarang dengan panjang 13,8 km," imbuhnya.

Target peningkatan untuk pengoperasian jalur kereta api ini sendiri adalah peningkatan kapasitas lintas dari yang semula 3 perjalanan KA menjadi 7 perjalanan KA. Penambahan jumlah rangkaian kereta yang sebelumnya hanya terdapat 5 rangkaian kereta bertambah menjadi 8 rangkaian.

Baca Selanjutnya: Dengan reaktivasi ini waktu tempuh...

Halaman

(mdk/azz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami