Kemenkes Bantah Insentif Tenaga Kesehatan Hanya untuk Wilayah Darurat Covid-19

Kemenkes Bantah Insentif Tenaga Kesehatan Hanya untuk Wilayah Darurat Covid-19
Virus Corona. ©2020 Merdeka.com
UANG | 4 Februari 2021 21:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Sekretaris Jenderal Kemenkes, Oscar Permadi menegaskan bahwa semua tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan yang melayani penanganan Covid-19 mendapatkan insentif. Dia membantah insentif hanya diberikan di wilayah darurat risiko Covid-19.

"Tidak ada kriteria tertentu. Seluruh Indonesia, faskes yang menangani Covid-19 maka semua tempat memiliki hak yang sama, semua daerah," jelas Oscar dalam konferensi pers pada Kamis (4/2).

Selain itu, insentif juga diberikan kepada tenaga Pendaftaran Program Pendidikan Spesialis (PPDS). Namun dengan catatan, mereka benar-benar memberikan pelayanan kepada pasien Covid-19.

Oscar mengatakan Kemenkes bersama Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sedang meninjau semua hal terkait insentif tenaga kesehatan. Dia pun memastikan tenaga kesehatan mendapatkan insentif tersebut.

"Kami mengapresiasi ini dan benar-benar menghargai perhatian penuh yang dilaksanakan oleh tenaga kesehatan kita," tutur Oscar.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Askolani, sebelumnya mengatakan sampai saat ini pemerintah belum mengubah kebijakan mengenai insentif tenaga kesehatan untuk 2021. Insentif yang berlaku tetap sama dengan yang diberlakukan pada 2020.

"Kami tegaskan di 2021 yang baru berjalan dua bulan ini, bahwa insentif untuk tenaga kesehatan diberikan tetap sama dengan 2020," kata Askolani.

Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/278/2020 mengenai insentif tenaga kesehatan pada 2020, dokter spesialis mendapatkan insentif sebesar Rp 15 juta, dokter umum dan gigi Rp 10 juta, bidan dan perawat Rp 7,5 juta, dan tenaga kesehatan lainnya Rp 5 juta. Angka insentif tersebut sampai saat ini masih sama dengan tahun lalu.

Reporter: Andina Librianty

Sumber: Liputan6.com (mdk/idr)

Baca juga:
Tenaga Kesehatan Diminta Penuhi Administrasi agar Insentif Segera Cair
Pemerintah Kaji Insentif untuk Tenaga Kesehatan yang Lakukan Vaksinasi Covid-19
Kemenkeu Sudah Cairkan Rp 4,17 T Insentif Nakes 2020, Pemda Baru Salurkan Rp 3 T
Kemenkeu: Anggaran Kesehatan di 2021 Bisa Melonjak Capai Rp254 Triliun
DPR Desak Pemerintah Batalkan Pemotongan Insentif Tenaga Kesehatan Covid-19

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami