Kemenkeu Siapkan Dana Cadangan Atasi Defisit 2020 Rp10 Triliun

UANG | 26 September 2019 15:05 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Kementerian Keuangan menyiapkan dana cadangan atau buffer stock sebesar Rp10 triliun tahun depan. Dana cadangan tersebut rencananya akan dialokasikan untuk mengantisipasi defisit Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) 2020.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani, mengatakan setiap tahun pemerintah menyediakan anggaran cadangan untuk mengantisipasi setiap perkembangan gejolak ekonomi. Tahun ini pemerintah menganggarkan sekitar Rp8 triliun.

"Kebijakan itu bisa kapan dipakai untuk mendukung stimulus dan mengendalikan APBN kita. Buffer stock untuk 2019 sekitar Rp7 sampai Rp10 triliun. Jadi nanti melihat risiko yang terjadi," ujarnya dalam media brefing di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Kamis (26/9).

Askolani mengatakan, dana cadangan tidak dipakai secara khusus untuk belanja. Namun lebih kepada mewaspadai tidak tercapainya target-target asumsi ekonomi makro yang telah dirancang dalam RAPBN.

"Buffer itu karena melesetnya asumsi makro dan target pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi tapi kemungkinan lebih kecil dari 5,3 persen pada APBN dan bisa lebih rendah ke 5,1 persen. Melesetnya pertumbuhan ekonomi dampaknya ke pajak. Kemungkinan kan ada shortfall," jelasnya.

Shortfall tentu akan berdampak pada defisit. Untuk mengurangi defisit tersebut maka dapat dikendalikan menggunakan dana cadangan. Apabila capaian defisit tidak jauh dari target maka dana cadangan tidak perlu dikeluarkan.

"Dampak shortfall akan dampak ke defisit, misalnya akan naik ke 2 persen. Untuk mengendalikan defisit, maka kita akan gunakan dana buffer untuk mengurangi defisit. Kita pakai ini, artinya tidak kita 0-kan. Dominannya untuk itu," tandasnya. (mdk/bim)

Baca juga:
Alasan Jokowi Beri Kemenhan dan Kepolisian Anggaran Terbesar di 2020
Pemerintah dan DPR Sepakati APBN 2020
Pemerintah Janjikan Reformasi Struktural Hadapi Ancaman Resesi Ekonomi 2020
Di Rapat Paripurna, DPR Soroti Defisit APBN 2020
Pemerintah Tambah Anggaran KPK jadi Rp922 Miliar di 2020
RUU APBN 2020 Dibawa ke Paripurna, Ini Catatan DPR Untuk Cukai Rokok
Kementerian PUPR Dapat Anggaran Rp120 Triliun di 2020, Ini Rinciannya

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.