Kemenkeu soal Dampak Pandemi: Setiap Hari Saudara Kita Hidup Makin Susah

Kemenkeu soal Dampak Pandemi: Setiap Hari Saudara Kita Hidup Makin Susah
UANG | 20 Juli 2020 10:22 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, Febrio Kacaribu menyadari dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19 begitu besar bagi Indonesia. Kondisi itu membuat seluruh masyarakat dan berbagai sektor mengalami gejolak yang luar biasa.

"2020 sangat berbeda, susah hitung dampak terhadap perekonomian. Tapi kita bisa melihat tiap hari, tiap pekan saudara kita hidup makin susah, pengangguran meningkat," kata dia dalam acara diskusi virtual, Senin (20/7).

Dia mengatakan, tidak hanya berdampak pada masyarakat luas, namun pandemi ini juga berpengaruh besar kepada sektor dunia usaha. Apalagi setelah adanya kebijakan pembatasan sosial berskala besar tetap dilakukan pemerintah membuat penjualan sektor tersebut mengalami penurunan.

Menurutnya, kondisi tersebut sangat penting untuk dipikirkan bagaimana caranya bersama-sama membangun sebuah kebijakan yang mendukung dari seluruh aspek. Artinya pemerintah tidak bisa bekerja secara sendiri atau sepihak, melainkan perlu dukungan dari seluruh pemangku kepentingan lain.

"Ini masalah kita sebagai satu bangsa. Ini yang kemudian menurut kami cukup membuat semangat kita tinggi gimana semua komponen masyarakat usaha keras keluar dengan ide cara-cara yang mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya," kata dia.

Baca Selanjutnya: Berbeda Dengan Krisis 1998...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami