Kemenperin Dorong Produk Lokal Banjiri e-Commerce Nasional

UANG » MAKASSAR | 29 Maret 2019 14:03 Reporter : Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Dirjen Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Gati Wibawaningsih, mendorong para pelaku usaha untuk memanfaatkan teknologi dalam memasarkan produk-produknya. Salah satunya dengan memanfaatkan E-commerce atau jual beli online.

"Sebenarnya yang namanya revolusi 4.0 itu sudah kita gunakan sehari-hari. Apa? Itu smartphone yang bapak ibu miliki. Itu harus digunakan secara lebih produktif lagi. Bagaimana caranya, salah satunya untuk jualan secara online," kata dia, dalam acara e-Smart IKM 2019 bertajuk 'IKM Go Digital', di Dyandra Convention Center, Surabaya, Jumat (29/3).

Menurut dia, para pelaku IKM juga perlu mengetes pasar. Hal tersebut akan membantu pelaku usaha untuk mengetahui produk apa yang diinginkan pasar.

"Karena untuk mengetahui apa yang diinginkan pasar adalah, jualan dulu, mulai dulu, masuk dulu. Kemudian nanti kami dari Kementerian Perindustrian dapat produksi produk yang bagus yang diinginkan pasar," jelasnya.

Dengan demikian, diharapkan makin banyak produk-produk Indonesia masuk dan memenuhi platform-platfom e-commerce yang ada. "Sudah saatnya market place yang ada di Indonesia dibanjiri oleh produk-produk lokal. Kemarin tahun 2018, kita cukup berbahagia waktu Hari Belanja Online Nasional dibuka ternyata 58 persen produk yang dijual adalah buatan Indonesia," ujarnya.

Pihaknya pun akan terus melaksanakan secara rutin kegiatan workshop bagi pelaku IKM, sehingga makin banyak yang memasarkan produk lewat e-commerce. "Setelah ini, kita akan lakukan lagi di Medan, Palembang, Banjarmasin, Pontianak, Bali, dan Makassar," tandasnya. (mdk/bim)

Baca juga:
ZALORA NOW, Kejutan Spesial Ulang Tahun ke-7 untuk Pelanggan Premium
Shopee dan SLANK Siap Berbagi Kejutan di Puncak Selebrasi Shope 31.3
Shopee 31.3 Elektronik & Digital Sale Bersama Slank Bakalan Penuh Kejutan
Tokopedia Bakal Bangun Pusat Pengembangan Kecerdasan Buatan di 100 Universitas
Tingkatkan Ekonomi Digital, Proyek Palapa Ring Diharapkan Segera Rampung
Cegah Shifting, Pemerintah Diminta Turut Tarik Pajak Penjual di Medsos
Bareng UI, Tokopedia Luncurkan Pusat Pengembangan Kecerdasan Buatan Pertama di RI

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.