Kemenperin Gandeng Shopee Dorong Masyarakat Beli Busana Muslim di IKM Lokal

Kemenperin Gandeng Shopee Dorong Masyarakat Beli Busana Muslim di IKM Lokal
Bisnis baju muslim makin diminati. ©2015 Merdeka.com
EKONOMI | 8 Mei 2020 11:43 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kementerian Perindustrian bekerja sama dengan Shopee untuk mendorong masyarakat membeli produk Industri Kecil Menengah (IKM) Fesyen Muslim, dalam menggerakkan roda perekonomian akibat dampak virus corona. Kampanye bersama belanja produk fesyen muslim ini akan dilaksanakan pada tanggal 12-19 Mei 2020 di Shopee Indonesia dan bisa diakses melalui Banner Khusus di Marketplace Shopee.

"Saat ini menjadi masa yang sulit bagi kita semua pihak, tak terkecuali IKM pakaian jadi, fesyen muslim yang biasanya ketika memasuki momentum Ramadan dan lebaran biasanya deman d dari produk fesyen muslim ini sedang tinggi-tingginya," kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang dalam acara Launching Kampanye Fesyen Muslim #LebaranUntuSemua, Jumat (8/5).

"Kampanye ini merupakan bentuk bagi para pelaku IKM fesyen muslim agar tetap eksis, kami juga telah memberikan dan terus memberikan pelatihan online bagi IKM untuk mendapatkan kiat-kiat berbisnis di masa sekarang ini," ujarnya.

Selain itu, tujuan dari kampanye ini untuk mengembalikan gairah dan semangat positif masyarakat agar tetap bisa menikmati nuansa Lebaran sekaligus turut berperan menjaga ketahanan ekonomi Nasional, di Masa Pandemi Covid-19 melalui pembelian produk fesyen muslim lokal.

Dengan membeli produk fesyen muslim lokal, maka konsumen ikut membantu roda perekonomian terus berjalan dan akan berdampak positif kepada para pengrajin, penjahit, logistik dan banyak lagi pihak yang akan terbantu secara ekonomi.

Secara khusus, program ini bertujuan untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap produk busana muslim lokal dan membantu peningkatan penjualan Brand Lokal dan IKM Produsen Fesyen Muslim.

2 dari 2 halaman

Selain itu, program ini ditargetkan untuk bisa diikuti oleh IKM yang sudah melakukan penjualan di Marketplace Shopee ataupun belum pernah berjualan online sama sekali. IKM yang belum pernah melakukan penjualan secara online akan diberikan pelatihan pemasaran online di Shopee secara gratis dengan pengajar dari pihak Shopee.

"Kami dari Kemenperin sangat menghargai sinergitas dari shopee dan industri fesyen tersendiri yang sudah melauncing gerakan kampanye fesyen muslim lebaran beli produk Indonesia, saya yakin bahwa ini semua bisa memberikan manfaat bagi semua pihak bukan hanya Shopee, pelaku industri tapi juga untuk konsumen. Ini merupakan terobosan kita," pungkasnya.

Sementara itu, Head of Public Policy and Government Relations Shopee Radityo Triatmojo, menyambut baik inisiatif yang diusung oleh Kementerian Perindustrian untuk mendukung IKM Indonesia melalui Kampanye Fesyen Muslim yang akan dihadirkan di Shopee. "Kami berharap, inisiatif dengan dampak positif ini senantiasa dapat membantu keberlangsungan IKM Indonesia saat masa pandemi ini hingga seterusnya," kata Radityo.

Selain itu, Shopee juga menyambut baik dapat berkontribusi melalui pelatihan online yang bisa diberikan kepada IKM di Indonesia, dan juga sebagai perusahaan berbasis teknologi, Shopee memiliki fungsi dan peran sosial untuk turut mendukung pertumbuhan ekonomi sekaligus roda perekonomian dapat terus berjalan.

Reporter: Tira Santia

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Simak Skema Restrukturisasi Kredit bagi Mitra LPDB-KUMKM
Sri Mulyani Rancang Aturan Beri Modal Kerja untuk UMKM Terdampak Covid-19
Menkop Teten Sebut APD Produksi UMKM Binaan Sudah Sesuai Standar Kesehatan
VIDEO: Skenario Teten Masduki Lindungi UMKM
Ratusan Ribu UMKM dan Koperasi di Sumut Terdampak Covid-19
Tips Ampuh untuk UMKM Bisa Bertahan di Tengah Hantaman Badai Corona

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami