Kemenperin Genjot Transformasi Industri Manufaktur di Era Industri 4.0

Kemenperin Genjot Transformasi Industri Manufaktur di Era Industri 4.0
UANG | 15 Juli 2020 16:58 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Kementerian Perindustrian menyatakan kesiapan sektor manufaktur untuk bertransformasi ke arah era industri 4.0. Hal ini dibuktikan melalui peluncuran peta jalan Making Indonesia 4.0 sejak tahun 2018, yang pada saat ini perkembangan implementasinya telah turut mempercepat adaptasi untuk kebiasaan baru dengan penggunaan teknologi di tengah masa pandemi Covid-19.

"Kita menyaksikan dinamika global, di mana terbuka peluang dan cakrawala baru lanskap industri global," kata Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita dalam sambutannya pada acara Hannover Messe Digital Days yang digelar secara virtual, Rabu (15/7).

Menperin menegaskan, Pemerintah Indonesia tetap fokus melaksanakan program prioritas pada peta jalan Making Indonesia 4.0. Lima sektor yang menjadi pionir dalam implementasi industri 4.0 di Tanah Air terus digenjot pengembangannya agar bisa lebih berdaya saing global.

Kelima sektor itu adalah industri makanan dan minuman, tekstil dan busana, otomotif, elektronik, serta kimia. Meskipun kelima sektor tersebut penting, karena selama ini memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian nasional, tidak berarti sektor-sektor lain dikecualikan dalam penerapan industri 4.0.

Baca Selanjutnya: Sektor Lain...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami