Kementerian ESDM: Keterampilan SDM Jadi Kunci Kemajuan Indonesia

UANG | 17 Agustus 2019 15:16 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Karyawan dan pekerja di lingkungan pembangkit Cirebon Power turut melaksanakan upacara HUT Ke-74 Kemerdekaan RI. Tak hanya itu, upacara peringatan detik-detik proklamasi juga diikuti sejumlah karyawan ekspatriat.

Menjadi Pembina Upacara, Kepala Bagian Laporan dan Perencanaan Direktorat Jenderal Kementerian Energi Sumber Daya Mineral, Crisnawan Aditya ST MT.

Crisnawan mengatakan, Menteri ESDM Ignatius Johan menginstruksikan para pimpinan di kementeriannya untuk melaksanakan upacara HUT RI di infrastruktur ESDM. Hal itu sebagai wujud pemerintah hadir di tengah masyarakat.

"Ini adalah wujud pemerintah hadir di tengah masyrakat. Infrastruktur ESDM adalah asset bangsa, milik kita, produk kedaulatan negara, hasil dari kemerdekaan Indonesia," ujar Chrisnawan, membacakan sambutan Menteri ESDM.

Dia menambahkan, dalam rangka meneruskan perjuangan dan cita-cita para pahlawan, kebijakan pengelolaan energi di Indonesia yang berwujud pada kegiatan-kegiatan sektor ESDM dilaksanakan dalam upaya mengamalkan sila kelima Pancasila yakni keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Pembangunan SDM menjadi kunci Indonesia ke depan. Kualitas pendidikan dan keterampilan harus ditingkatkan melalui pengembangan vocational training dan vocational school.

Sesuai dengan tema upacara peringatan ulang tahun ke-74 Republik Indonesia yang di peringati hari ini, yaitu SDM Unggul Indonesia Maju, pembangunan SDM akan menjadi prioritas dalam pemerintahan yang akan datang sebagaimana visi misi presiden.

Upacara ini dihadiri oleh ratusan karyawan Cirebon Power, baik PT Cirebon Electric Power, PT Cirebon Energi Prasarana, dan PT Cirebon Power Services, serta HDEC (Hyundai Engineering and Construction). Tak hanya pekerja lokal, sejumlah pekerja ekpatriat pun mengikuti jalannya upacara dengan hormat dan khidmat.

Baca juga:
Wamen Arcandra Pimpin Upacara HUT ke-74 RI di Blok Rokan
DEN Sebut Listrik Padam 9 Jam Belum Tergolong Krisis Energi
Uni Emirat Arab Bakal Investasi USD 5 Miliar di Sektor Energi
2020, ESDM Siapkan Rp776 Miliar Tingkatkan Kompetensi SDM
Kementerian ESDM Anggarkan Subsidi Listrik Rp58,6 Triliun di 2020
SKK Migas dan INPEX Tandatangani Perjanjian Pengembangan Lapangan Blok Masela
Hadiri Pertemuan G20, Pemerintah Sampaikan Strategi Transisi Energi Pro Lingkungan

(mdk/did)