Kenaikan Harga Telur Ayam Dinilai Lebih Rendah dari Ramadan 2020

Kenaikan Harga Telur Ayam Dinilai Lebih Rendah dari Ramadan 2020
Telur Ayam. ©2020 Liputan6.com/Johan Tallo
UANG | 13 April 2021 11:13 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Ketua Umum Asosiasi Peternak Layer Nasional, Ki Musbar Mesdi menyebut, kenaikan harga jual telur ayam di pasar tradisional wilayah Jabodetabek dan Bandung pada bulan Ramadan 2021 ini lebih rendah dibandingkan puasa tahun lalu.

"Di tingkat konsumen pasar tradisional sekitar Jabodetabek dan Bandung justru harga telur ayam di Ramadan 2021 ini kenaikannya rendah di banding tahun lalu," ucapnya saat dihubungi Merdeka.com, Selasa (13/4).

Dia mencatat, saat ini, harga jual telur ayam berkisar Rp24.500 - Rp25.500 per kilogram (kg). Sedangkan pada Ramadan 2020 lalu harga jual telur mampu menembus Rp28.000 per kg. "Jadi, kenaikan (harga telur) puasa ini paling di bawah 10 persen lah dari harga acuan di tingkat konsumen," tekannya.

Menurutnya, rendahnya kenaikan telur pada bulan Ramadan tahun ini tak lepas dari masih belum pulihnya daya beli masyarakat akibat dampak pandemi Covid-19. Walhasil turut mengurangi konsumsi masyarakat akan telur di dibulan puasa kali ini.

"Ya kan, kalau daya beli itu terkait kemampuan. Seperti sekarang kalu masih belum pulih (daya beli) ya orang juga mikir-mikir lagi untuk konsumsi lebih, termasuk beli telur," paparnya.

Oleh karena itu, dia meminta kepada pemerintah untuk terus memperkuat kebijakan penanganan pandemi Covid-19. Salah satunya dengan percepatan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19. "Dengan vaksinasi kita berharap pandemi Covid-19 akan bisa diatasi. Karena sumber masalahnya ada di pandemi sendiri," tuturnya. (mdk/azz)

Baca juga:
Mendag Tekankan Perlunya Sinergi Jaga Stok dan Harga Bahan Pokok Saat Ramadan 2021
KPPU Peringatkan Pedagang Tak Sembarang Naikkan Harga Manfaatkan Ramadan
Harga Ikan Terpantau Stabil Jelang Ramadan 2021
Dinas Pangan DKI Prediksi Ada Kenaikan Harga Bahan Pokok saat Ramadan
Harga Daging Ayam di Jember Meroket Jelang Ramadan
KPPU Ingatkan Masyarakat Tak Timbun Bahan Pokok Jelang Ramadan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami