Kerajinan kulit kerang ini jadi primadona wisatawan asing

Kerajinan kulit kerang ini jadi primadona wisatawan asing
Kerajinan tangan kerang. ©2016 Merdeka.com
EKONOMI | 20 April 2016 18:53 Reporter : Ambrosius Indantoko

Merdeka.com - Keindahan bawah laut tidak hanya dapat dinikmati dari dalam air saja. Bahkan, keindahan hasil laut dapat diolah menjadi hiasan bernilai tambah.

Pada Inacraft 2016 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) dipamerkan hiasan dari hasil laut. Kekayaan hasil laut ternyata tidak hanya dalam bentuk makanan, ada juga produk seni yang mampu menembus pasar Eropa.

"Kami mengolah kulit kerang menjadi kerajinan tangan khas Indonesia," ujar Pemilik fantasea, Stephen Michael Tan di Jakarta, Rabu (20/4).

Beberapa produk kreatif tersebut adalah hiasan dari kulit kerang, fosil kerang laut dan juga berbagai pernak-pernik hasil laut. Semua produk ini merupakan hasil dari kerajinan tangan.

Salah satu hiasan dari kulit kerang yang diolah menjadi mangkok oval dan sendok harganya mencapai Rp 10 juta. Sedangkan fosil jenis nautilus (sejenis kerang) dengan diameter kurang lebih 21 cm ditawarkan dengan harga Rp 35 juta.

kerajinan tangan kerang

Kerajinan tangan kerang ©2016 Merdeka.com



Fosil kerang yang lebih kecil saja harganya mencapai Rp 1 juta lebih. Adapun, pernak-pernik aksesoris yang ditawarkan berupa tusuk konde, kalung, gelang, semuanya dari kulit kerang.

Kerajinan tangan ini tak hanya menyedot perhatian pengunjung lokal. Beberapa pengunjung pameran berkebangsaan Belanda, Jerman, Korea, Tiongkok dan Jepang begitu tertarik dengan kerajinan ini.

Tak tanggung-tanggung beberapa pengunjung mancanegara memborong hasil kerajinan ini sebagai souvenir. Hal ini jadi bukti kerajinan tangan Indonesia sudah mampu tembus pasar internasional. (mdk/sau)


Bola buatan napi ini disertifikasi FIFA & digunakan di piala dunia
Indonesia bakal ekspor produk mebel dan spa ke Jepang
Rusia makin minati tepung kelapa asal Sulawesi Utara
Batu mulia khas Borneo seharga Rp 65 juta mejeng di pameran Inacraft
Busana muslim wanita bakal jadi andalan ekspor Indonesia
Lukisan dari potongan tenun ini tembus pasar Beijing dan Shanghai

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami