Kesan Sri Mulyani Usai Menjadi Guru SD Dadakan

Kesan Sri Mulyani Usai Menjadi Guru SD Dadakan
UANG | 4 November 2019 11:50 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengaku terkesan ketika mendapatkan kesempatan mengajar di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kenari 01, Jakarta Pusat. Sebab, banyak pelajaran berarti yang dia dapat terutama ketika melakukan dialog bersama para siswa-siswi.

Sri Mulyani mengatakan, para siswa-siswi SDN Kenari 01 sebenarnya memiki pengetahuan dasar yang baik. Hanya saja belum mampu diutarakan dalam sebuah narasi yang tepat.

"Dan mereka tahu Indonesia dipimpin oleh seorang presiden, tujuan sejahterakan rakyat ciptakan keadilan keamanan," kata dia usai mengajar di SDN Kenari 01, Jakarta Pusat, Senin (4/11).

Bendahara Negara ini menambahkan, selain pemahaman dasar yang baik, pola pikir para-siswa-siswi ini juga rupanya cukup matang. Hal itu tercermin ketika Sri Mulyani bertanya kepada anak-anak akan pentingnya bayar pajak.

"Saya tanya kenapa harus bayar pajak? Mereka menjawab untuk kepentingan bersama. Itu solidaritas luar biasa keluar spontan dari mereka. itu menurut saya pesan yang luar bisa dan sikap dari anak-anak itu," kata dia.

Seperti diketahui, kehadiran Sri Mulyani di SDN Kenari 01, Jakarta Pusat ini dalam rangkaian kegiatan hari oeang 2019 yang tersebar di 27 provinsi seluruh Indonesia. Dalam hal ini, terdapat 3.700 relawan Aparatur Negeri Sipil (ASN) di lingkungan Kementerian Keuangan yang terlibat.

1 dari 1 halaman

Sri Mulyani Beri Pemahaman Keuangan Negara ke Murid SD

beri pemahaman keuangan negara ke murid sd

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati pagi ini melakukan kunjungan ke Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kenari 01, Jakarta Pusat. Kunjungan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman dasar kepada anak-anak mengenai pengelolaan keuangan negara.

Kepada anak-anak, Sri Mulyani menjelaskan bahwa di suatu negara manapun ada instansi pemerintah yang tugasnya adalah mengurusi keuangan negara. Dalam hal ini, Kementerian Keuangan memberikan peranan tersebut.

"Berarti ada menteri yang harus urus uang nah itu siapa? Ibu. Semua membutuhkan dana untuk pembangunan negara menterinya menteri keuangan negara orangnya ada di sini," kata Sri Mulyani kepada anak-anak, di SD Kenari 01, Jakarta, Senin (4/11)

Dalam kesempatan tersebut, Bendahara Negara ini juga melontarkan beberapa pertanyaan kepada anak-anak. Tujuannya, untuk merespons pemahaman anak-anak atas dasar tugas dan fungsi dari Kementerian Keuangan.

"Kalau Menkeu tugasnya kelola keuangan negara uangnya kira-kira dari mana yah?," tanya Sri Mulyani kepada anak-anak.

Secara kompak, para anak-anak tersebut kemudian menjawab dengan beragam macam. "Jual beli. Pajak. Cukai Bu," jawab anak-anak.

Mendengar jawaban tersebut, kemudian Sri Mulyani memberikan pertanyaan kembali kepada mereka. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menanyakan pajak yang dihasilkan tersebut berupa pajak dari mana.

"pajak rokok, mobil, rumah," jawab anak-anak.

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami