Keterangan Lengkap soal Sri Mulyani Lapor SPT Secara Manual

Keterangan Lengkap soal Sri Mulyani Lapor SPT Secara Manual
Sri Mulyani. ©2017 merdeka.com/anggun situmorang
UANG | 31 Maret 2019 12:30 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan, Nufransa Wira Sakti memberikan penjelasan lengkap mengenai penyampaian SPT Tahunan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang dilakukan secara manual. Menurutnya, sebelum melakukan pengisian SPT Tahunan, pimpinannya itu melakukan pengumpulan data terkait penghasilan yang diperoleh selama tahun 2018.

Dalam proses pengumpulan data tersebut, dilakukan juga pengisian secara bertahap melalui e-form. Di mana e-form sendiri merupakan formulir SPT elektronik berbentuk file dengan ekstensi .xfdl yang pengisiannya dapat dilakukan secara offline (manual) menggunakan Aplikasi Form Viewer yang disediakan Direktorat Jenderal Pajak.

"Fasilitas ini bisa dimanfaatkan untuk WP yang memerlukan beberapa kali mengisi data karena adanya keterbatasan waktu," kata Nurfansa seperti dikutip dari laman Facebooknya, Minggu (31/3).

Kemudian setelah data e-form lengkap, Menteri Sri Mulyani pun melakukan penyampaian e-filing secara online. Bukti penyampaian SPT Tahunan secara e-filing sebagaimana terlampir pada tanggal 22 Maret 2019.

Nurfansa memastikan Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Pajak menyediakan berbagai saluran atau cara bagi Wajib Pajak untuk menyampaikan SPT. Berbagai saluran tersebut disediakan untuk memudahkan dan menyesuaikan dengan kebutuhan seluruh lapisan masyarakat.

"Kementerian Keuangan mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada seluruh Wajib Pajak yang sudah melaporkan SPT Tahunan," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Sri Mulyani lebih memilih melapor SPT secara manual dengan mendatangi kantor pelayanan pajak. Padahal dirinya merupakan salah satu yang terus mengkampanyekan digitalisasi perpajakan ini.

"Saya manual, karena ada penyesuaian kemarin yang harus dilakukan, untuk beberapa hal," ujar Sri Mulyani ditemui saat meninjau pelaporan SPT di KPP Tebet, Jakarta, Jumat (29/3). (mdk/idr)

Baca juga:
Gencar Kampanyekan E-filing, Sri Mulyani Pilih Lapor SPT Manual
Batas Waktu Pelaporan SPT Wajib Pajak Pribadi Diperpanjang Hingga 1 April 2019
Sri Mulyani Cek Proses Laporan SPT di Kantor Pajak
Kemenkeu Catat Sudah 7,6 Juta Wajib Pajak Lapor SPT
Hingga 19 Maret, Kemenkeu Catat Pelaporan SPT Capai 7,3 Juta
Ditjen Pajak: Laporan SPT Capai 6 Juta Hingga Pertengahan Maret 2019

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami