Kisah Carl Hansen, Geluti Bisnis Kesehatan Mampu Kantongi Kekayaan Rp 42 T

Kisah Carl Hansen, Geluti Bisnis Kesehatan Mampu Kantongi Kekayaan Rp 42 T
Carl Hansen. ©2021 forbes.com
UANG | 2 Februari 2021 06:30 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - 2020 Menjadi tahun yang tak begitu buruk bagi beberapa orang terkaya dunia. Khususnya pengusaha di bidang kesehatan. Salah satunya adalah Carl Hansen yang merupakan salah seorang pendiri AbCeller Biologics.

AbCellera adalah perusahaan bioteknologi yang berbasis di British Columbia, Vancouver, Kanada. Perusahaan ini meneliti dan mengembangkan antibodi manusia untuk mengatasi pandemi dan penyakit umum.

"Kita dapat membuat 100 triliun antibodi berbeda. Sistem kekebalan sangat luar biasa, tidak terlukiskan," kata Hansen saat menjelaskan mengenai sistem kekebalan tubuh melalui Zoom kepada Forbes.

Hansen merupakan seorang profesor perguruan tinggi sampai akhirnya pada 2019 memutuskan fokus pada AbCellera Biologics. Perusahaan ini didirikannya bersama rekan peneliti dari University of British Columbia pada 2012, dan saat ini memiliki kapitalisasi pasar USD 13 miliar.

"Universitas sangat baik dalam menguji ide-ide dan mencari jalan mana yang mungkin efektif," jelas CEO AbCellera Biologics tersebut, seperti dikutip dari Forbes pada Senin (1/2).

Hansen saat ini mengantongi kekayaan sebesar USD 3 miliar atau berkisar Rp 42 triliun (kurs Rp 14.032) berkat Initial Public Offering (IPO) perusahaannya pada Desember 2020. "Rasanya sedikit tidak nyata," kata Hansen ketika ditanya tentang keberhasilannya menjadi miliarder.

Hansen lebih pandai berbicara mengenai kesuksesan bioteknologi. "Jika contoh Covid ini menunjukkan satu hal, bagi saya, ini adalah bukti dari model bisnis dan teknologi," tuturnya.

Baca Selanjutnya: AbCeller Biologics...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami