Kisah kegagalan 5 orang terkaya dunia, termasuk Bill Gates & Steve Jobs

UANG | 24 Oktober 2018 07:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Sebagian orang berpendapat bahwa memang ada orang yang memang terlahir untuk menjadi pebisnis sukses. Sebagian orang itu itu percaya, kemahiran berbisnis merupakan talenta, bukan sesuatu yang bisa dipelajari.

Mudah untuk melihat orang seperti Jeff Bezos dan hanya memandangnya sebagai orang terkaya di dunia. Namun sebenarnya, kebanyakan pengusaha ternama pun mengalami jatuh bangun untuk mencapai kesuksesannya.

Sebut saja penulis novel seri Harry Potter, J.K. Rowling. Sebelum bukunya terjual hingga ratusan juta kopi dan dikenal oleh semua orang, ia berkali-kali ditolak oleh penerbit. Bahkan pebisnis top sekelas Bill Gates dan Jeff Bezos pun pernah gagal dalam berbisnis.

Mengutip Entrepreneur.com, ada beberapa pebisnis modern ini bisa menjadi inspirasi saat Anda merasa buntu. Baik itu ditolak, gagal, atau merasa patah semangat, kisah orang-orang ini bisa mengingatkan Anda untuk tetap melangkah maju.

Berikut 5 orang terkaya yang pernah jatuh dan gagal hingga akhirnya bangkit lagi:

1 dari 5 halaman

Bill Gates

Bill Gates. ©2017 Merdeka.com

Anda mungkin mengenal Bill Gates sebagai salah satu orang terkaya di dunia. Namun ternyata, pendiri Microsoft ini pernah gagal saat mendirikan sebuah bisnis yang menyediakan statistik lalu lintas,Traf-O-Data. Kegagalan ini membuat Bill Gates bersama partner-nya, Paul Allen, merugi USD 3.494 atau yang saat ini bernilai Rp 53 juta.

Namun terpuruknya Traf-O-Data juga memberi Bill Gates pelajaran berharga yang berperan dalam kesuksesan Microsoft. Kini Bill Gates memiliki kekayaan total USD 91,8 miliar atau Rp 1.394 triliun (asumsi kurs Rp 15.187 per USD).

2 dari 5 halaman

Evan Williams

Evan Williams . ©Reuters

Williams pernah mencoba membangun platform podcast yang dikenal sebagai Odeo. Platform ini gagal bahkan sebelum benar-benar dimulai karena waktu peluncuran yang tidak tepat.

Odeo diluncurkan bersamaan dengan dirilisnya fitur podcast pada iTunes. Pada akhirnya, Odeo tidak mampu bersaing dengan Apple. Ini tidak membuat Williams menyerah. Saat ini Williams dikenal sebagai pendiri raksasa media sosial Twitter.

3 dari 5 halaman

Jeff Bezos

Jeff Bezos . REUTERS

Sebelum memulai Amazon, Jeff Bezos memiliki beragam ide yang berbeda. Dalam mengimplementasikan ide-idenya, Bezos pun melakukan kesalahan yang menyebabkan dirinya kehilangan miliaran dolar AS.

Di antara ide-ide tersebut ialah sebuah situs pelelangan Amazon Auctions yang tidak berhasil. Ia kemudian mendirikan situs perbelanjaan zShops, yang juga gagal. Namun, dua kegagalan inilah yang kemudian menjadi dasar dari Amazon Marketplace.

4 dari 5 halaman

Steve Jobs

steve jobs . apple inch

Apple merupakan raksasa teknologi pertama yang mencapai valuasi USD 1 triliun. Namun, perusahaan yang didirikan Steve Jobs ini tidak selalu segemilang layaknya saat ini.

Ketika awal berdiri, beberapa produk seperti Apple I dan Apple Lisa membuat Steve Jobs dan perusahaannya rugi hingga jutaan dolar AS. Ia bahkan dipecat dari perusahaannya sendiri sampai akhirnya direkrut ulang pada 1997.

5 dari 5 halaman

Warren Buffett

Warren Buffett. ©Jamie McCarthy / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP

Awal dari kegagalan Warren Buffet bermula dari saat ia ditolak oleh Harvard Business School. Buffet mengungkapkan bahwa penolakan ini ternyata merupakan “hal terbaik yang pernah terjadi”.

Penolakan tersebut membuatnya berakhir di Columbia Business School, dimana ia mengenal seorang profesor bernama Benjamin Graham.

Dari Graham, ia belajar dua aturan dasar dalam berinvestasi: pertama, jangan pernah kehilangan uang dan kedua, jangan lupa aturan pertama. (mdk/idr)

Baca juga:
4 Fakta Bashar, pengusaha yang ingin bangun kota mewah di Palestina
Kebiasaan buruk ditinggalkan Bill Gates dkk sebelum jadi orang terkaya
3 Barang sepele yang bisa beli hanya orang kaya
Miliuner bocorkan rahasia bisa jadi kaya raya
5 Orang kaya pilih hidup sederhana, mobilnya saja murah
Kisah Gustav, miliuner pria termuda dunia punya harta RP 45,6 triliun