Kisah Mengharukan Giuliana Rancic, Bangkit dari Kanker Hingga Buka Bisnis Kecantikan

Kisah Mengharukan Giuliana Rancic, Bangkit dari Kanker Hingga Buka Bisnis Kecantikan
Ilustrasi produk skincare. ©2021 Tantri Setyorini
EKONOMI | 9 Agustus 2022 07:30 Reporter : Siti Ayu Rachma

Merdeka.com - Mungkin banyak orang belum tahu nama Giuliana Rancic. Dia merupakan seorang penulis buku terlaris di New York Times dan seorang jurnalis hiburan, pakar mode sekaligus kecantikan hingga tokoh televisi.

Dikutip dari Fountain Of Truth, Rancic lahir di Napoli Italia pada 17 Agustus 1974. Lingkungan sekitarnya sangat sederhana, dan akhirnya dia bersama orang tuanya pindah ke Amerika Serikat ketika Rancic masih belia.

Perjalanan karir yang dia lalui selama bertahun-tahun menghadapi tantangan hingga rintangan berat bagi dirinya. Pada tahun 2002 Rancic bergabung dengan E! News sebagai seorang koresponden.

Kemudian pada tahun 2005 dia menjadi penyiar tunggal dan redaktur pelaksana untuk acara tersebut. Siapa sangka, dia berhasil membawa rating yang tinggi. Semula rating acara itu rendah dan menjadi jaringan nomor satu ketika Rancic mengambil kendali disana.

Rancic memiliki kemampuan yang baik ketika di depan kamera. Dia mampu untuk memberikan yang terbaik karena dia ingin memberikan kontribusi yang maksimal kepada E! News.

Di dalam jiwanya memang sudah tertanam jurnalisme tinggi, bahkan sebelum dia lancar berbahasa Inggris dia pun belajar dengan menonton televisi.

Pada masa mudanya, dia melanjutkan kuliah di perguruan tinggi dengan gelar sarjana yang diterimanya yaitu jurnalisme di University Of Marylan dan gelar master jurnalisme dari Universitas Amerika.

2 dari 4 halaman

Idap Kanker Payudara

Namun demikian, di tengah perjalanan karir yang dia lakoni sebagai penyiar berita, di tahun 2011 Rancic didiagnosis menderita kanker payudara dan menjalani mastektomi ganda pasa tahun yang sama. Hal ini tentu memberatkan bagi dirinya yang tengah mengidap penyakit tersebut.

Kondisi tersebut tidak membuat dia putus asa untuk bisa sembuh dan bangkit kembali seperti biasanya. Selama perawatannya, dia menciptakan 'Fab U Wish' yaitu sebuah program untuk memberikan keinginan bertema mode, kecantikan dan selebriti kepada wanita yang berjuang melawan kanker payudara.

Karena Rancic merupakan pasien kanker, program ini hanyalah salah satu aspek dari misinya yang berkelanjutan untuk membantu mereka yang melalui kesulitan untuk menemukan kebahagian dan pandangan hidup yang positif.

Program tersebut juga termasuk dari The Pink Agenda, Breast Cancer Research Foundation, Operation Smile, Dress For Success, dan Mercy Home for Boys and Girls di Chicago.

3 dari 4 halaman

Rilis Buku

Selang satu tahun berlalu atau tepatnya pada 2012, Rancic merilis buku yang berjudul I Do Now What? Serta dia merilis memoarnya yang sangat dinanti banyak orang yaitu Going Off Script dan Random House. Buku ini memulai debutnya di New York Times dan menjadi best seller list.

Karena dirinya pernah menjadi pasien kanker payudara, dia juga membuat perawatan kulit yang diberi nama Fountain Of Truth. Saat didiagnosis penyakit tersebut, dirinya berumur 36 tahun dan silsilah riwayat keluarganya tidak ada yang memiliki kanker payudara.

Hal tersebut membuat Rancic sangat terkejut dan itu juga membuat dirinya banyak mengalami perubahan. Menurutnya ketika mendapatkan diagnosis kanker, banyak orang akan mengubah pola makan dan olahraga mereka.

4 dari 4 halaman

Lakukan Banyak Penelitian

Dengan kebiasaan berubah tersebut, membuat dirinya juga melakukan banyak penelitian tentang apa yang dia pakai di kulitnya. Fountain Of Truth adalah lini perawatan kulit hasil eksperimen kepada kulitnya sendiri. Di situlah dia mendapatkan ide untuk membuat Fountain Of Truth yang ia luncurkan beberapa tahun lalu. 

Di balik kesuksesan Rancic ada sosok ayah yang menjadi inspirasi besar bagi dirinya. Ayahnya adalah penjahit ahli dari Italia dan pada usia 82 tahun memiliki butik pakaian pria Bernama Depandi. Ayahnya bekerja di toko penjahit sejak Rancic masih berusia 11 tahun dan menurut Rancic, ayahnya adalah pria yang luar biasa yang mencintai pekerjaannya.

Memiliki ayah seperti itu, adalah panutan bagi Rancic dan tentu berdampak pada hidupnya dan semangat kewirausahaan saya serta terus bangkit dari mimpi buruk beberapa tahun lalu. (mdk/idr)

Baca juga:
Brigjen TNI Anak Buah Kasad, Dulu Bapaknya Perwira Langganan Koran sama Dudung
Membanggakan, Sersan Jeni Srikandi TNI AL Jadi Juara di Ajang Pencak Silat Dunia
Ini Asal Mula PO Bus ALS Lahir, Perusahaan Transportasi Umum 'Si Raja Jalanan'
Aksi Ibu Ini Bantu Bule Tak Punya Uang Disorot, Ujungnya Ada Peluk & Tangis Haru
Punya Keterbatasan Fisik, Pria Ini Rutin Tutup Lubang Jalan & Dapat Upah Seadanya
Cerita Patih Perwira Muda TNI AL Tentang Kehidupan yang Susah, Sang Ayah Buruh Harian

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini