KKP Bangun Balai Induk Ikan Air Tawar di Sumsel

KKP Bangun Balai Induk Ikan Air Tawar di Sumsel
pasar ikan aceh. merdeka.com/arie basuki
EKONOMI | 4 Januari 2019 12:35 Reporter : Siti Nur Azzura

Merdeka.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mulai membangun broodstock center atau balai induk untuk jenis ikan air tawar di Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan. Pembangunan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan induk dan benih ikan air tawar berkualitas, khususnya bagi wilayah Sumatera.

Dirjen Perikanan Budi Daya KKP Slamet Soebjakto mengatakan, pembangunan balai ini untuk tahap awal (10 kolam) ditargetkan akan memenuhi kebutuhan induk berkualitas setidaknya 36.000 ekor induk ikan nila per tahun. Menurutnya, seiring peningkatan geliat usaha budi daya di berbagai daerah khususnya di Sumatera, maka kebutuhan induk menjadi sangat mendesak.

"Broodstock ini bagian upaya KKP untuk membangun logistik benih. Nantinya induk hasil dari 'broodstock' ini dapat terkoneksi dengan unit-unit perbenihan di sentra produksi. Kami targetkan, kebutuhan induk dari sini dapat memenuhi kebutuhan di semua wilayah Sumatera, bahkan di luar wilayah seperti Kalimantan," ujar Slamet melalui keterangan resminya, Jumat (4/1).

Saat ini, pembangunan sedang dalam tahap finalisasi kerja sama dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sumatera VIII, untuk memastikan pasokannya.

"SDM pengelola yang kompeten sudah siap yakni dari Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Sungai Gelam Jambi dan tahun 2019, kami menargetkan broodstock center ini sudah operasional," imbuhnya.

Selain itu, KKP juga berencana untuk membantu fasilitasi masuknya industri pengolahan ikan di Musi Rawas, guna menjamin akses pasar langsung. Bersama Pemerintah Daerah setempat akan mencoba untuk memfasilitasi masuknya investasi industri pengolahan ikan, agar nilai tambahnya bisa semakin dirasakan oleh masyarakat, di samping adanya jaminan pasar. (mdk/azz)

Baca juga:
Susi: Pengusaha Kapal Tertangkap Didenda Ratusan Juta, Padahal Mereka Dapat Miliaran
Menteri Susi: Laut RI Lebih Besar, Lebih Banyak Ikan dan Lebih Strategis Dari China
Menteri Susi Sentil Pegawai KKP: Tak Boleh Ada Lagi Perencanaan di Akhir Tahun
Gara-gara Hal Ini, Susi Pudjiastuti Naik Pitam Pada Pegawai KKP
Ini Daftar Target Kerja Kementerian Kelautan dan Perikanan Tahun Depan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami