KKP Dorong Pembudidaya Ambil KUR, Bunga 6 Persen dan Plafon Rp50 Juta Tanpa Agunan

UANG | 8 Desember 2019 20:00 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo meminta pembudidaya perikanan di berbagai daerah tidak ragu mengambil kredit usaha rakyat (KUR) guna mengembangkan usahanya. Apalagi, saat ini bunga KUR sudah lebih rendah dari sebelumnya.

"Sekarang, bunga KUR sudah diturunkan Pak Presiden Jokowi dari 7 persen jadi 6 persen. Jumlahnya (plafonnya naik) dari Rp25 juta ke Rp50 juta. Rp50 juta itu tanpa agunan. Jadi, KUR ini peluangnya mudah. Makanya, kelompok budi daya tidak usah ragu," katanya dikutip dari Antara, Minggu (8/12).

Untuk membantu masyarakat, dia mendorong dinas kelautan dan perikanan di berbagai daerah memberikan pendampingan pada para pelaku usaha dalam melengkapi syarat permohonan KUR.

1 dari 1 halaman

Gandeng Bank BRI

Sebelumnya, Kementerian Kelautan dan Perikanan menggaet Bank BRI untuk mendorong penyaluran KUR di sektor kelautan dan perikanan nasional seperti pembudidaya, nelayan, serta pengolahan.

Menteri Edhy telah menerima audiensi Wakil Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Catur Budi Harto beserta jajarannya di Kantor KKP, beberapa waktu lalu.

Dalam pertemuan itu, Edhy juga berharap BRI menyediakan pembiayaan gudang pendingin (cold storage) yang selama ini masih kurang ketersediaan karena keterbatasan modal.

Selain itu, dia meminta BRI menyalurkan KUR untuk keluarga nelayan misalnya untuk membangun warung makan.Dengan begitu, lanjutnya, keluarga nelayan dapat mendapatkan penghasilan tambahan dari hasil tangkapan ikannya. (mdk/idr)

Baca juga:
Jawa Tengah Akan Jadi Fokus Pembangunan Industri Perikanan
KKP Diberi Waktu 3 Bulan Matangkan Konsep Proyek Pasar Ikan Berkelas Internasional
Edhy Prabowo Sebut Biaya Angkut Lebih Mahal 5 Kali Lipat dari Harga Garam
VIDEO: Kedekatan Menteri Edhy Prabowo dan Sang Anak, Antar Sekolah Naik Sepeda
Menteri Edhy Janji Tak Ganti Penjabat Eselon I Era Susi Pudjiastuti
Edhy Prabowo Beri Sinyal Buka Ekspor Benih Lobster

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.