KKP: Saatnya Kita Menoleh ke Laut Sebagai Sumber Kehidupan Masa Depan

KKP: Saatnya Kita Menoleh ke Laut Sebagai Sumber Kehidupan Masa Depan
nelayan. shutterstock
UANG | 6 Maret 2021 16:00 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia (BRSDM) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Sjarief Widjaja menyabut, laut menjadi sumber kehidupan di masa mendatang. Oleh karenanya dia mengajak seluruh stakeholder untuk memanfaatkan sektor kelautan.

"Kita sudah terlalu lama punggungi laut dan saatnya kita menoleh ke laut kita. Ini sebagai sumber kehidupan masa mendatang," jelas dia dalam Rapat Kerja Hipmi 2021, Sabtu (6/3).

Dia menyampaikan, luas area di Indonesia sekitar 8 juta kilometer (Km) persegi sama dengan Amerika Serikat. Seluruh masyarakat di Negeri Paman Sam tersebut menggunakan seluruh wilayahnya dalam mendukung Produk Domestik Bruto (PDB).

Namun, Indonesia hanya bertumpu pada 2,1 juta Km persegi daratan. Sementara 6,1 juta kelautan ini belum disentuh sama sekali. "Ini persoalan utama kita. Ayo kita sekarang gerak bersama resources kelautan menunggu Anda semua," pintanya.

Dia menambahkan, kekayaan sektor kelautan Indonesia mencapai USD 1.338 miliar per tahun. Jumlah ini baru dari sisi perikanan tangkap, perikanan budidaya dan industri pengolahan. Menurutnya, peluang di luar itu masih besar. Sebab, masih ada bioteknologi yang belum tergarap.

"Ini peluang kita baru sentuh perikanan tangkap saja, ktia belum sentuh bioteknologi," jelas dia.

Baca Selanjutnya: Indonesia lemah manfaatkan potensi besar...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami