KKP Target Indonesia Bisa Ekspor 10.000 Ekor Kuda Laut di 2024

KKP Target Indonesia Bisa Ekspor 10.000 Ekor Kuda Laut di 2024
UANG | 4 September 2020 18:01 Reporter : Idris Rusadi Putra

Merdeka.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan ekspor komoditas kuda laut mencapai 10.000 ekor pada tahun 2024. Tingginya angka target ini mengingat keberhasilan Balai Besar Perikanan Budidaya Laut Lampung dalam memproduksi benihnya secara massal.

"KKP memproyeksikan Indonesia mampu memproduksi kuda laut hingga 10.000 ekor di tahun 2024 dan tahun 2020 ditargetkan memproduksi sebanyak 6.000 ekor," kata Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto dikutip Antara di Jakarta, Jumat (4/9).

Slamer memaparkan, setidaknya ada 12 jenis kuda laut yang Indonesia miliki dan dua di antaranya telah berhasil dibudidayakan yakni untuk jenis Hippocampus kuda dan Hippocampus comes. Menurut dia, dua jenis kuda laut inilah yang ke depan akan didorong sebagai salah satu unggulan ekspor.

Dirjen Perikanan Budidaya KKP mengingatkan bahwa pada saat ini, perdagangan kuda laut masih mengandalkan hasil tangkapan dari alam. Kondisi ini jika dilakukan terus menerus akan mengancam keseimbangan stok yang ada.

"Oleh karena itu, meski Indonesia belum menetapkan status perlindungannya, namun berdasarkan CITES status kuda laut masuk daftar appendix II Cites yang artinya pada perdagangan internasional harus dilakukan secara terbatas," paparnya.

Dia berpendapat bahwa keberhasilan budidaya ke depannya dipastikan akan mengurangi ketergantungan dari alam sehingga merupakan indikasi yang baik untuk ekspor, meski status perdagangan internasionalnya masuk Appendix II Cites.

Kementerian KLHK sebagai management authority telah menetapkan pemanfaatan kuda laut berdasarkan kuota.

"Oleh karenanya, proyeksi kita juga mengacu pada seberapa banyak untuk kepentingan ekspor, kebutuhan dalam negeri dan untuk restocking. Nanti akan kita petakan agar betul betul pemanfaatannya terukur dan terkendali," jelas Slamet.

Baca Selanjutnya: Spesies Kuda Laut...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami