Kominfo: Sektor Komunikasi dan Informasi Tumbuh 10 Persen di Kuartal II-2020

Kominfo: Sektor Komunikasi dan Informasi Tumbuh 10 Persen di Kuartal II-2020
Menkominfo Johnny G Plate. ©2019 Merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu
UANG | 30 Agustus 2020 18:15 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate menyebut bahwa sektor komunikasi dan informasi mengalami peningkatan hingga 10,88 persen pada kuartal II-2020. Sektor ini pun menjadi satu-satunya yang tumbuh positif di tengah pandemi.

"Pada saat tekanan yang luar biasa kontraksi ekonomi Indonesia di kuartal kedua sebesar -5,32 persen ternyata sektor Kominfo di kuartal pertama bertumbuh 9,6 persen, dan kuartal kedua bertumbuh 10,88 persen, satu-satunya sektor yang bertumbuh positif dibanding sektor lainnya," kata Johny dalam High Impact Seminar dan Kick Off Program Bank Indonesia Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, Minggu (30/8).

Menurutnya, gambaran ini menunjukkan bahwa kebijakan Presiden untuk melakukan akselerasi transformasi digital harus betul-betul disambut dan diantisipasi secara sungguh-sungguh.

"Hari ini seminar yang dilakukan oleh Bank Indonesia ini tentu memberikan salah satu jawaban di mana sosialisasi dan koordinasi lintas Lembaga, untuk memastikan peningkatan ruang digital dan pemanfaatan ekonomi digital dari waktu ke waktu harus terus kita tingkatkan," ujarnya.

Saat ini, data dari Kementerian Kominfo mencatat bahwa pengguna internet di Indonesia telah berjumlah 175 juta user atau setara dengan 64 persen jumlah populasi penduduk Indonesia.

"Internet user yang sangat besar tentu menjadi peluang yang begitu besar. Kami akan menyiapkan bandwidth yang cukup, dan kesiapan infrastruktur telekomunikasi yang memadai, baik itu broadband, serta pemanfaatan ruang angkasa melalui penempatan satelit-satelit demi mendukung kebutuhan telekomunikasi dan digitalisasi di Indonesia," pungkasnya.

Reporter: Tira Santia

Sumber: Liputan6.com (mdk/idr)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami