Komisaris BEI Bidik Anak Muda untuk Investasi di Pasar Modal

Komisaris BEI Bidik Anak Muda untuk Investasi di Pasar Modal
UANG | 22 Juli 2020 16:34 Reporter : Idris Rusadi Putra

Merdeka.com - Komisaris Bursa Efek Indonesia (BEI) Pandu Patria Sjahrir mengincar generasi muda untuk berinvestasi di pasar modal. Dia menargetkan investor pasar modal bisa naik dua kali lipat dari saat ini yang hanya 2,9 juta investor.

"Angka saat ini hanya 1 persen dari populasi Indonesia, masih sangat sedikit. Fokus kami adalah milenial, gen Z, karena mereka memiliki pandangan yang berbeda terhadap investasi. Jangan lupa bahwa pasar modal Indonesia juga masih muda karena baru diprivatisasi pada 1992," ujar Pandu dalam webinar bersama Jakarta Foreign Correspondents Club (JFCC) dikutip Rabu (22/7).

Pandu menyebut, negara lain memiliki lebih dari 10 persen investor dari populasinya. Sehingga, Indonesia masih memiliki ruang yang perlu dikembangkan dan itu merupakan peluang yang besar, baik untuk pasar, maupun investor baru. Dengan banyaknya startup yang tumbuh belakangan, dia juga ingin mengajak perusahaan-perusahaan tersebut untuk masuk ke BEI karena saat ini jumlahnya masih sangat sedikit.

"Hal ini sangat berbeda dengan China dan AS di mana 10 kapitalisasi teratas dimiliki oleh perusahaan teknologi. Di Indonesia, masih didominasi oleh perusahaan-perusahaan perbankan dan telekomunikasi, persis seperti 10 tahun yang lalu," terangnya.

Menurut Pandu, generasi pendahulu tidak melihat bahwa pasar modal sebagai peluang investasi yang berkelanjutan. Kesuksesan pasar modal membuat investor akan merasa yakin bahwa pasar modal merupakan cara terbaik untuk menaruh investasi jangka panjang.

Baca Selanjutnya: Peluang Startup...

Halaman

(mdk/idr)

TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami