Konsumsi Pertalite Naik 46 Persen Saat Arus Mudik Lebaran 2022

Konsumsi Pertalite Naik 46 Persen Saat Arus Mudik Lebaran 2022
Pertalite. ©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman
EKONOMI | 11 Mei 2022 17:48 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kepala Badan Pengatur Hulu Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Erika Retnowati melaporkan, konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite melonjak hingga 46 persen pada saat puncak arus mudik Lebaran 2022 lalu.

Sementara itu, konsumsi BBM jenis gasoline secara nasional naik sekitar 26 persen. Penyaluran tertinggi terjadi pada H-1 Idul Fitri, yakni pada 1 Mei sebesar 36 persen daripada penjualan normal.

"Luar biasanya, untuk BBM khusus Pertalite kenaikannya sangat tinggi, sebesar 46 persen pada H-1 Lebaran. Itu adalah pada saat periode arus mudik," ujar Erika dalam sesi teleconference, Rabu (11/5).

Pada saat arus balik, gasoline secara nasional rata-rata meningkat 12 persen secara nasional. Kenaikan penyaluran tertinggi pada 5 Mei 2022, atau H+3 Idul Fitri sebesar 29 persen terhadap sales normal.

Sebaliknya, untuk BBM produk gasoil justru turun 13 persen secara angka penjualan dari sales normal pada saat arus mudik. "Sedangkan gasoil pada saat arus balik turun 40 persen terhadap sales normal," terang Erika.

Dia juga menyoroti sejumlah titik-titik di jalur mudik yang angka konsumsi BBM-nya melonjak signifikan, seperti di wilayah Jawa Tengah yang berbatasan dengan Jawa Barat. "Di sini kita lihat, konsumsi tertinggi terjadi di Kabupaten Brebes, dengan peningkatan konsumsi mencapai 813 KL per hari, atau meningkat 120 persen dibandingkan rerata normal yang hanya 368 KL per hari," jelas Erika.

"Jadi memang kenaikannya sangat luar biasa, dan ini jauh di atas prediksi. Di awal itu kita memprediksikan bahwa akan terjadi kenaikan sekitar 11 persen. Namun ternyata kenaikannya sampai 26 persen pada saat arus mudik, dan 29 persen pada saat arus balik," tuturnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com (mdk/azz)

Baca juga:
Syarat Target Pertumbuhan Ekonomi 2022 5,2 Persen Bisa Tercapai
Wakil Ketua DPRD Aniaya Petugas SPBU, Marah Karena Tak Dapat Pertalite Hanya Pertamax
Data BPH Migas: Stok Pertalite Cukup untuk 17 Hari
Subsidi Energi Berpotensi Capai Rp320 T, Pemerintah Siapkan Kenaikan Harga Pertalite
Konsumsi Solar Bakal Turun Saat Mudik Lebaran, ini Sebabnya
Pemerintah Proyeksi Konsumsi Pertalite Naik 14 Persen Saat Momen Mudik Lebaran 2022

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami