Kontruksi LRT Jabodebek Pecahkan Dua Rekor Dunia

UANG | 29 Maret 2019 14:24 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Proyek Light Rail Transit (LRT) Jabodebek memecahkan dua rekor dunia. Dua rekor tersebut yaitu dalam hal konstruksi longspan atau bentang jembatan jalur kereta.

Direktur Utama PT Adhi Karya Tbk, Budi Harto, mengatakan rekor dunia pertama yaitu longspan JORR yang melintas di atas Jalan Tol JORR, Jalan Dukuh dan Jalan Tol Jagorawi dengan struktur u-box girder. Longspan JORR memiliki panjang 54-90-54 meter yang merupakan longspan u-box girder terpanjang di dunia.

"Sebelumnya rekor ada di Dubai yang memiliki panjang logspan itu hanya 70 meter, nah di sini kita buat 90 meter," kata Budi di Jakarta, Jumat (29/3).

Rekor ke dua yaitu konstruksi longspan beton di Jalan Rasuna Said yang memiliki panjang 148 meter. Sebelumnya rekor di Dubai memiliki panjang 135 meter dengan konstruksi baja.

"Ini kebanggan Adhi Karya karena LRT bukan proyek biasa, LRT ini ide dan inovasinya Adhi Karya. Semoga ini jadi modal kita ke depan untuk berkembang," tambah Budi.

Sebelumnya, PT Adhi Karya Tbk (ADHI) hari ini resmi melakukan pengecoran terakhir longspan atau bentang jembatan lintasan LRT Jabodebek untuk lintas pelayanan 1 Cawang-Cibubur.

Reporter: Ilyas Istianur Praditya

Sumber: Liputan6

Baca juga:
Jalur LRT Cawang-Cibubur Tersambung, Proses Pembangunan Total Capai 59 Persen
Adhi Commuter Properti Target The Premiere MTH Selesai Dalam 2 Tahun
Telah Disepakati, Pemprov DKI akan Buat Skema Tarif MRT dan LRT
Jokowi Inginkan LRT Jabodebek Dapat Terhubung Tahun Ini
APBN untuk Infrastruktur 2019 Tembus Rp 415 Triliun
DPRD DKI Sebut Subsidi MRT-LRT Bisa Masuk APBD Perubahan
Jokowi Ajak Rakyat Tinggalkan Kendaraan Pribadi Beralih Naik MRT

(mdk/bim)