Korban Virus Corona Bertambah, IHSG Diramal Terperosok Masuk Zona Merah

Korban Virus Corona Bertambah, IHSG Diramal Terperosok Masuk Zona Merah
UANG | 28 Januari 2020 10:30 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo

Merdeka.com - Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pagi ini dibuka melemah. Pelemahan masih dibayangi kekhawatiran pasar terhadap penyebaran virus corona.

IHSG dibuka melemah 22,99 poin atau 0,37 persen ke posisi 6.110,22. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 bergerak turun 6,21 poin atau 0,62 persen menjadi 997,58.

Kepala Riset Reliance Sekuritas, Lanjar Nafi, memperkirakan IHSG hari ini akan kembali melemah secara fundamental.

"Sentimen negatif masih datang dari meningkatnya kekhawatiran corona virus, terlebih semakin meningkatnya korban meninggal dunia di China," ujar Lanjar seperti dikutip dari Antara di Jakarta, Selasa (28/1).

Meningkatnya kekhawatiran atas dampak ekonomi dan korban dari China terkait virus corona yang mematikan, memang menjadi sentimen negatif bagi perdagangan pasar global. Terlebih jumlah korban dari virus tersebut terus meningkat.

Investor terlihat masuk pada aset heaven setelah kekhawatiran terus menghantui tentang dampak virus corona pada perekonomian. Di mana akan menghambat perdagangan global terutama pasar komoditas.

Bursa saham regional Asia pagi ini antara lain indeks Nikkei melemah 176,9 poin atau 0,76 persen ke 23.166,6 dan indeks Straits Times melemah 81,71 poin atau 2,52 persen ke 3.158,31. Sedangkan bursa saham China masih libur.

China pada Selasa melaporkan bahwa hingga kini 106 orang meninggal akibat virus corona yang menyebar di seluruh negara tersebut. Jumlah itu naik dari jumlah sebelumnya, yakni 81 orang.

Baca Selanjutnya: Kasus Virus Corona di China...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami