KPPIP Catat 12 Proyek Strategis Molor dari Target

KPPIP Catat 12 Proyek Strategis Molor dari Target
UANG » MALANG | 27 Desember 2019 14:06 Reporter : Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Ketua Tim Pelaksana Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Wahyu Utomo mengatakan sebanyak 12 Proyek Strategis Nasional (PSN) akan dilanjutkan konstruksi tahun depan (carry over). Sebab, proyek-proyek yang dibangun pada periode 2016 hingga 2019 dan ditargetkan selesai tahun ini, meleset dari target.

Dia menjelaskan, dari 12 PSN yang carry over tersebut, beberapa ditargetkan selesai pada kuartal I-2020, seperti Jalan Tol Pandaan-Malang sepanjang 37,63 kilometer. Proyek ini seharusnya sudah selesai pada akhir tahun ini, tetapi berlanjut hingga Februari 2020.

"Sebab seksi V saat ini masih konstruksi dengan progres 82 persen. Isu utamanya soal pembebasan lahan dan ada temuan Situs Sekaran pada kilometer 37 sehingga ada pergeseran trase," kata Wahyu, di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (27/12).

Proyek selanjutnya adalah Pelabuhan KEK Maloy yang seharusnya selesai pada akhir November 2019, melanjutkan proyek hingga kuartal I-2020 dengan target operasional kuartal II-2020.

Ketiga, adalah pembangunan tangki penyimpanan BBM. Dari pembangunan yang dilakukan di 7 lokasi, hanya 4 lokasi yang telah selesai. Sisanya masih dikerjakan, termasuk di Bula, Saumlaki. Satu hal lagi, ada daerah yang mengalami keterlambatan karena masalah pendanaan.

Proyek keempat, Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM). Saat ini progresnya hanya 95 persen karena ada satu kendala dalam izin teknis untuk pemasangan pipa di beberapa lokasi di Kandangan, Surabaya. Kelima, Kawasan Industri Wilmar Serang, sebelumnya ditargetkan selesai pada kuartal III-2019, ditunda hingga kuartal I-2019.

Baca Selanjutnya: Dilanjutkan Hingga Kuartal II-2020...

Halaman

(mdk/azz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami