Kronologi Lengkap Kebakaran Kilang Balongan Versi Ombudsman, Diawali Protes Warga

Kronologi Lengkap Kebakaran Kilang Balongan Versi Ombudsman, Diawali Protes Warga
Kilang Balongan terbakar. ©2021 Merdeka.com
UANG | 14 April 2021 14:38 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Anggota Ombudsman Republik Indonesia, Hery Susanto membeberkan kronologi lengkap kebakaran Kilang Balongan versi warga yang terjadi pada akhir bulan lalu. Kebakaran ini membuat 6 warga menderita luka berat sementara lainnya mengalami luka ringan.

"Pada Minggu 28 Maret 2021 pukul 21.30 WIB warga Balongan datang ke humas Pertamina karena mencium bau yang sangat menyengat dari kilang Pertamina sejak sore," ujar Hery dalam jumpa pers secara daring, Jakarta, Rabu (14/4).

Karena merasa tidak digubris oleh sekuriti, warga menjadi emosional dan melakukan protes dengan aksi lempar ke kantor Pertamina. Kemudian, pada minggu 28 Maret 2021 pukul 22.00 WIB protes warga dibubarkan oleh polisi (Polsek Balongan).

"Lalu pukul 23.45 WIB terjadi ledakan kecil. Selanjutnya, pada Senin 29 Maret 2021 pukul 00.00 hingga 01.00 ada ledakan yang lebih besar tepatnya pada 00.45 WIB setelah terjadi ledakan besar warga berhamburan. Bahkan di lokasi kejadian terdapat mobil pabrik yang juga terbakar," kata Hery.

Lalu, pada Senin 29 Maret 2021 jam yang sama, pada saat kejadian ada 6 warga yang habis menghadiri pengajian Nisfu Sa'ban lewat dekat lokasi yang kemudian terhempas dan kemudian mendapatkan luka berat sedangkan 15 orang luka ringan. "Mereka adalah warga yang tinggal di sekitar kilang Balongan," kata Hery.

Baca Selanjutnya: Keterangan Pertamina...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami