Kurangi Beban PMN, Jokowi Minta Pembiayaan Alternatif Tol Trans-Sumatera

Kurangi Beban PMN, Jokowi Minta Pembiayaan Alternatif Tol Trans-Sumatera
UANG » MALANG | 7 Juli 2020 11:44 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati agar mengkalkulasi kelayakan finansial dalam proyek infrastruktur tol trans Sumatera, untuk menjadi tambahan ekuitas dalam melanjutkan proyek tersebut.

"Saya minta ini betul-betul dikalkulasi kelayakan finansialnya juga mungkin opsi-opsi untuk tambahan ekuitas dalam melanjutkan proyek ini," kata Jokowi saat rapat terbatas terkait Percepatan Pembangunan PSN Jalan Tol Trans Sumatera dan Tol Cisumdawu di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (7/7).

Jokowi mengatakan estimasi kebutuhan investasi Tol Trans Sumatera sebesar Rp476 triliun. Dari total tersebut, masih ada kebutuhan pendanaan Rp386 triliun untuk menyelesaikan ruas backbone hingga 2024.

Kemudian, Mantan Wali Kota Solo tersebut meminta agar menteri terkait untuk melakukan terobosan untuk mendapatkan sumber pembiayaan alternatif. Menurutnya, hal tersebut bisa mengurangi beban ekuitas dari penyertaan modal negara (PMN) serta tidak tergantung dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Saya minta ada terobosan sumber-sumber pembiayaan alternatif untuk mengurangi beban ekuitas dari PMN dan juga tidak tergantung dari APBN. Ini yang saya kira perlu digarisbawahi," tegas Jokowi.

Jokowi juga menjelaskan tol Trans Sumatera yang memiliki panjang kurang lebih 2765 kilometer tersebut diharapkan bisa mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi. Sehingga dapat meningkatkan terhadap produk domestik bruto (PDB).

"Sehingga di sana akan ada efisiensi, waktu tempuh dan bisa meningkatkan multiplier effect 2-3 x lipat terhadap PDB," ungkap Jokowi. (mdk/azz)

Baca juga:
Menteri Basuki: Jalan Tol Desari Akan Diperpanjang Sampai Bogor
Tol Bertingkat Terpanjang RI Groundbreaking Juli, Siap Serap Ribuan Tenaga Kerja
Tol Desari Seksi II Dibuka dan Bertarif Rp0
Prediksi Besaran Tarif Tol Depok Antasari Ruas Brigif-Sawangan
Tol Depok-Antasari Ruas Brigif-Sawangan Resmi Dibuka, Bakal Gratis Selama 2 Minggu
Tol Pandaan-Malang Raih Sertifikat Green Toll Road Indonesia

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami