Kurs Rupiah Ditutup Melemah ke Level Rp14.140 per USD

Kurs Rupiah Ditutup Melemah ke Level Rp14.140 per USD
UANG | 3 Desember 2020 17:28 Reporter : Idris Rusadi Putra

Merdeka.com - Nilai tukar atau kurs Rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis sore ditutup melemah di tengah perkembangan paket stimulus di Amerika Serikat. Rupiah ditutup melemah 15 poin atau 0,11 persen ke posisi Rp14.140 per USD dibandingkan hari sebelumnya Rp14.125 per USD.

"Dari eksternal, pergerakan Rupiah dipengaruhi optimisme pelaku pasar seiring meningkatnya harapan bahwa anggota parlemen dapat meluncurkan paket fiskal untuk mendukung ekonomi AS," kata Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi di Jakarta, Kamis (3/12).

Ketua DPR AS, Nancy Pelosi dan Pemimpin Minoritas Senat Chuck Schumer mendukung kesepakatan stimulus bipartisan senilai USD 908 miliar yang mencakup dukungan untuk usaha kecil dan pengangguran Amerika. Kesepakatan itu akan digunakan sebagai dasar untuk segera melakukan negosiasi.

Sementara itu, Inggris menyetujui otorisasi penggunaan darurat sementara untuk vaksin Pfizer dan mitra pengembangannya BioNTech.

Di sisi lain, pembicaraan Brexit antara Inggris dan Uni Eropa (UE) mencapai 'momen yang membuat rusak', menurut kepala negosiator Brexit Michel Barnier. Utusan dari negara-negara anggota UE juga mendesak Barnier untuk tidak terburu-buru membuat kesepakatan yang tidak memuaskan, bahkan saat tenggat waktu akhir tahun untuk mencapai konsensus semakin dekat.

Baca Selanjutnya: Sisi Internal...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami