Kursi Mudik Gratis Jasa Raharja Tinggal 3.061

Kursi Mudik Gratis Jasa Raharja Tinggal 3.061
UANG | 10 Maret 2020 15:39 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Dirut PT Jasa Raharja (Persero), Budi Rahardjo Slamet mencatat jumlah pendaftar mudik gratis Lebaran 2020 telah mencapai 271.939 jiwa, per selasa (10/3). Saat ini, tinggal 3.061 kursi mudik gratis dari total 275.000yang disediakan.

"Data keseluruhan yang masuk sudah 271.939 pemudik, sehingga tersisa tiga ribuan kursi lagi. Nantinya siapa cepat dia dapat," ucap Bos Jasa Raharja di Komplek Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (10/3).

Untuk jumlah calon pemudik sendiri yang direncanakan menggunakan perjalanan darat, seperti moda transportasi bus telah tercatat 197.961 calon pemudik. Sementara calon pemudik yang menggunakan angkutan kereta api sudah tercatat 17.577 jiwa.

Sedangkan calon pemudik yang akan menggunakan jalur laut, seperti kapal pelayaran sudah tercatat 58.845 calon pemudik. Sementara pemudik yang akan menggunakan jalur udara, seperti pesawat terbang telah tercatat 1.556 calon pemudik.

Dalam kesempatan itu, pihaknya membeberkan bahwa Jasa Raharja di musim mudik 2020 telah membatasi penggunaan moda transportasi pesawat terbang, karena harga tiketnya yang mahal dan memberatkan biaya operasional perusahaan.

"Untuk itu kita lebih baik alihkan ke moda transportasi lainnya. Sehingga kan lebih banyak calon pemudik yang akan kita angkut," tandasnya.

1 dari 1 halaman

Cara Mendaftar

rev1

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada tahun ini kembali membuka program BUMN Mudik Bareng Tahun 2020. Dalam kesempatan ini, PT Jasa Raharja kembali tampil selaku ketua satgas mudik gratis BUMN ini.

Direktur Utama Jasa Raharja Budi Rahardjo Slamet menargetkan jumlah pemudik mencapai 275.000 orang di tahun ini, naik 10 persen dibandingkan tahun 2019 sebesar 250.000 pemudik.

"Karena adanya animo masyarakat semakin meningkat untuk melakukan perjalanan mudik," kata Dirut Jasa Raharja di Komplek Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (10/3).

Untuk pendaftaran program mudik gratis bareng BUMN, Budi Rahardjo menyarankan pemudik untuk melakukan pendaftaran secara online, yang telah di buka sejak bulan Februari 2020 dengan alamat portal https://mudikbumn.co.id. Hal ini di nilai lebih efisien dan mudah di akses oleh sejumlah pemudik.

"Namun, bagi pemudik yang berencana mendaftar secara offline, bisa menghubungi call center perusahaan BUMN yang terdaftar program mudik gratis bersama. Tapi kan repot," imbuh dia.

Adapun syarat administrasi yang harus dipenuhi oleh pemudik untuk mengikuti program mudik gratis bumn, yaitu; KTP, SIM C, STNK Motor dan KK. Pada program mudik gratis bumn tahun ini akan menyasar 83 kota keberangkatan dan 103 kota tujuan yang tersebar di seluruh wilayah nusantara.

"Rencana awal keberangkatan program mudik, yakni dengan moda angkutan bus pada tanggal 19 Mei 2020, di GBK Senayan," tandasnya. (mdk/idr)

Baca juga:
Jasa Raharja Target 275.000 Orang Ikut Program Mudik Gratis BUMN Tahun Ini
Tingkatkan Layanan, Jasa Raharja & Polri MoU Sinkronisasi Sistem Online Data Laka
Kurang dari 1x24 jam, Jasa Raharja Serahkan Santunan untuk Korban Kecelakaan Bus
Ini Perusahaan yang Bakal Tergabung di Holding BUMN Asuransi
Puluhan Pegawai Jasa Raharja Jadi Relawan Kebersihan di Pulau Pramuka
Buntut Kasus Jiwasraya & Asabri, Jasa Raharja Diminta Hati-Hati Kelola Uang

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami