Laba Apple di bawah target

Laba Apple di bawah target
Ipad. AFP Photo
EKONOMI | 25 Juli 2012 07:45 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Meskipun masih mencetak kenaikan laba, namun keuntungan Apple pada laporan kuartal ketiga yang berakhir Juni lalu masih di bawah target perseroan.

Dalam berita yang dilansir dari BBC News, Apple tercatat telah membukukan laba sebesar USD 8,8 miliar (Rp 83 triliun) atau naik 21 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Sementara itu, Apple juga telah meraih penjualan senilai USD 35 miliar (Rp 330,2 triliun) pada kuartal ketiga atau naik dari penjualan tahun lalu yaitu USD 28,6 miliar.

Perolehan laba yang meleset dari target tersebut disebabkan oleh penjualan iPod yang jatuh 10 persen. Sementara penjualan komputer Mac hanya berakhir datar atau naik 2 persen.

Sementara itu, penjualan iPad masih mendulang keuntungan bagi perusahaan yang didirikan oleh almarhum Steve Jobs tersebut. Penjualan iPad pada kuartal tersebut naik secara mencengangkan yaitu 84 persen dibanding penjualan tahun sebelumnya.

Sementara penjualan iPhone hanya naik 28 persen menjadi 26 juta. Angka ini jauh di bawah perkiraan sebelumnya.

"Kami sangat senang dengan penjualan iPad yang mencapai 17 juta pada kuartal yang berakhir Juni lalu," ujar CEO Apple Tim Cook seperti yang dikutip dari BBC News. 

Namun, analis dari Wedgewood Partners. David Rolfe mengatakan bahwa penjualan iPhone yang di bawah ekspektasi sangat menyentuh dasar dari keuangan Apple. "Masalahnya adalah marjin dari iPhone lebih tinggi daripada iPad. Jika penjualan iPhone di bawah target, maka itu adalah benar-benar masalah besar," ujar dia.

Sebelumnya, menurut jajak pendapat yang diadakan oleh Reuters, para analis mengharapkan pendapatan Apple pada kuartal ketiga ini bisa menyentuh USD 37,2 miliar. Sementara perkiraan penjualan Apple pada kuartal ke empat yang berakhir September nanti adalah USD 34 miliar atau semakin melemah. Hal ini semakin membuat investor kecewa.  

(mdk/rin)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami