Laba Jasa Marga Terjun Bebas Jadi hanya Rp105 Miliar di Semester I-2020

Laba Jasa Marga Terjun Bebas Jadi hanya Rp105 Miliar di Semester I-2020
UANG | 26 Agustus 2020 21:26 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk membukukan laba bersih Rp105,7 miliar di semester I 2020. Angka laba tersebut terjun bebas jika dibandingkan dengan periode sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp1,06 triliun.

Investor Relations Department Head Jasa Marga, Pramitha Wulanjani mengatakan, pihaknya tetap menjaga kinerja positif selama semester I 2020, meskipun masih di tengah pandemi Covid-19 yang turut berdampak pada industri jalan tol.

Pandemi virus corona turut berdampak terhadap bisnis perseroan dan juga peningkatan beban bunga seiring dengan pengoperasian jalan tol baru. "Pencapaian kinerja positif Jasa Marga dapat dilihat dari kemampuan perseroan untuk tetap mencatatkan laba bersih pada semester I tahun 2020, yakni sebesar Rp105,7 miliar," kata dia dalam keterangan tertulis, Rabu (26/8).

"Perseroan berkomitmen untuk terus menjaga kinerja perusahaan agar tetap positif di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya dengan melakukan upaya efisiensi di beban usaha dan pengendalian capex (capital expenditure), baik capex operasional maupun pengembangan usaha," tambahnya.

Mitha menjelaskan, pada 2019 lalu pendapatan tol mengalami peningkatan sebesar 12,3 persen. Itu disebutnya merupakan dampak positif dari telah beroperasinya sebagian besar ruas-ruas jalan tol baru dan dilakukannya integrasi pada ruas Jakarta-Cikampek.

"Namun akibat adanya pandemi Covid-19, pendapatan jalan tol Jasa Marga Group turun 15,75 persen dibandingkan dengan periode sama tahun lalu. Hal ini dikarenakan menurunnya volume lalu lintas akibat perubahan perilaku masyarakat yang diimbau untuk tidak lagi bepergian seiring penerapan kebijakan work from home (WFH) sejak bulan Maret 2020, dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sejak bulan April 2020," urainya.

Baca Selanjutnya: Setelah Pelonggaran PSBB...

Halaman

(mdk/idr)

TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami