Lagi-Lagi, Sri Mulyani Masuk Daftar 100 Wanita Paling Berpengaruh Dunia Versi Forbes

UANG | 14 Desember 2019 11:30 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Forbes baru saja merilis daftar para wanita paling berpengaruh di dunia atau The World's 100 Most Powerful Women. Tahun ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani juga menembus daftar bergengsi tersebut.

Sri Mulyani berada di peringkat 76. Dia ada di antara Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen dan Andrea Marques de Almeida, CFO dari perusahaan minyak Petrobas asal Brasil.

Posisi puncak ditempati Kanselir Jerman Angela Merkel. Selanjutnya, ada nama Christine Lagarde, mantan pemimpin IMF yang baru saja terpilih menjadi Presiden Bank Sentral Eropa. Untuk posisi tiga, ada Ketua DPR AS Nancy Pelosi yang sedang berusaha melengserkan presidennya.

Menariknya, hanya ada dua nama Menteri Keuangan wanita yang muncul di daftar Forbes. Indonesia pun boleh bangga karena Menteri Sri Mulyani Indrawati berhasil menembus daftar bergengsi itu.

"Sebagai menteri keuangan, dia (Sri Mulyani) menambah pendapatan negara melalui reformasi pajak yang akan memperluas layanan e-filing dan menunjang kepatuhan pembayar pajak," tulis Forbes.

"Tahun lalu, Indrawati memperoleh penghargaan Menteri Terbaik yang prestisius di World Government Summit atas usaha-usahanya untuk menerapkan reformasi," Forbes menambahkan.

Sebelumnya, Menteri Sri Mulyani telah beberapa kali masuk daftar ini, seperti pada 2008, 2011, 2013, 2014, 2016, dan 2018.

Satu-satunya Menteri Keuangan selain Sri Mulyani di daftar itu adalah Nirmala Sitharaman asal India. Dia baru saja diangkat menjadi Menteri Keuangan di India dan wanita pertama yang memegang jabatan tersebut.

Sosok wanita di sektor ekonomi, selain Sri Mulyani, yang turut masuk ke daftar ini adalah Elvira Nabiullina yang merupakan Gubernur Bank Sentral Rusia. Ada pula nama Kristalina Georgieva yang baru saja diangkat sebagai pemimpin IMF menggantikan Lagarde.

1 dari 1 halaman

Daftar 10 Besar Wanita Berpengaruh di Dunia Versi Forbes

Berikut ini daftar 10 besar wanita paling berpengaruh di dunia versi Forbes:

1. Angela Merkel (Kanselir Jerman)

2. Christine Lagarde (Presiden Bank Sentral Eropa)

3. Nancy Pelosi (Ketua DPR AS)

4. Ursula von der Leyen (Presiden Komisi Eropa)

5. Mary Barra (CEO General Motors)

6. Melinda Gates (aktivis, istri Bill Gates)

7. Abigail Johnson (CEO Fidelity Investments)

8. Ana Patricia Botin (Executive Chairman Santander Group)

9. Ginni Rommety (CEO IBM)

10. Marilyn Hewson (CEO Lockheed Martin)

Reporter: Tommy Kurnia Rony

Sumber: Liputan6

(mdk/bim)

Baca juga:
5 Orang Ini Jadi Miliarder Baru di 2019 Versi Forbes
5 Fakta Menarik Orang Terkaya Indonesia 2019 Versi Forbes, Berharta Total Rp1.898 T
50 Orang Terkaya RI 2019 Kantongi Harta Rp1.898 T, Setara Pendapatan Negara 2018
Forbes Umumkan Orang Terkaya Indonesia 2019, Inilah Daftar Lengkapnya
7 Fakta Belum Banyak Orang Tahu Tentang Bos TikTok, Miliarder Termuda di China
Bos Uang Kripto Dinobatkan jadi Miliuner Termuda di China
SCM Raih Penghargaan dari Forbes Indonesia

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.