Lakukan 5 Hal Ini Agar Tak Salah Kelola Keuangan di Akhir Tahun

UANG | 8 Desember 2019 07:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Akhir tahun sudah semakin dekat, tak terasa 2020 sudah di depan mata. Menata keuangan untuk keperluan yang penting sampai merencanakan kegiatan yang sudah terjadwalkan menjadi kesibukan banyak orang.

Dilansir dari CNBCMake It, Pendiri Jim Brown Investing sekaligus Konsultan Keuangan Jim Brown, telah banyak melihat orang yang melakukan kesalahan dalam hal keuangan yang dilakukan orang-orang di akhir tahun.

"Saya sudah menyaksikan dampak dari penundaan keuangan, tentu saja, banyak konsekuensi keuangan yang berasal dari kegagalan dalam mengambil tindakan," ujar Jim ditulis Minggu (8/12).

Agar Anda tidak mengikuti jejak kesalahan dalam mengelola keuangan, simaklah 5 pesan ini agar terhindar dari kesalahan besar yang dilakukan dalam mengelola keuangan.

1 dari 5 halaman

Kumpulkan Data Keuangan di 3 Bulan terakhir

Sering kita dengar nasihat untuk membersihkan laporan keuangan di setiap bulannya. Namun sebenarnya, hal tersebut dapat mengendurkan pembersihan keuangan tahunan.

Kumpulkan data keuangan dalam rentan waktu tiga bulan kemudian lihat hal yang tidak penting untuk Anda lakukan dan batalkan sesuatu yang tidak penting itu, segera.

"Kumpulkan data keuangan 3 bulan terakhir dan lihat pelayananmu, langganan dan keanggotaan yang jarang kamu perlukan. Tanya dirimu, biaya apa yang bisa kamu potong saat tahun ini berakhir? Jika pelayanan yang kamu ambil tidak menambah atau tidak ada nilai di hidupmu, batalkan itu segera," jelasnya.

2 dari 5 halaman

Gunakan Kartu Kredit Sesuai dengan Kebutuhan

Gunakan waktu liburan untuk mendaftarkan kartu kreditmu jika kamu ingin memiliki kartu kredit yang baru. Waktu liburan menjadi momen yang tepat karena banyak perusahaan yang akan memberikanmu banyak tunjangan murah dan penawaran menarik di waktu kegemaraan belanja.

Lihat ke kategori bonus yang akan kamu dapatkan dan prioritaskan hal yang kamu butuhkan. Itu akan membantumu dalam melihat kartu kredit yang memberikan manfaat besar bagi dirimu sendiri.

"Tidak ada kartu kredit yang 'sempurna' untuk liburan. Semua hanya tergantung pada prioritas pembelian Anda. Jadi lihat lebih dalam ke kategori bonus untuk tempat yang telah direncanakan daripada belanjaanmu. Jika Anda berencana untuk mendapatkan banyak hadiah dan kebutuhan liburan di Amazon, misalnya, fokuslah di kartu kredit yang memberikan manfaat besar yang unik untuk berlibur ke Amazon," pesan Jim.

3 dari 5 halaman

Lihat Investasi yang Mulai Merugikan

Jim mengatakan bahwa untuk keuntungan yang Anda dapatkan setelah menjual aset modal dan kerugian ketika Anda menjual aset dengan hasil yang kurang dari modal yang Anda bayarkan akan berdampak pada pajak Anda. Jadikan titik untuk singkirkan investasi berkinerja rendah.

"Tanya dirimu, apakah disana ada stok atau reksadana yang saat ini nilainya jauh lebih kecil dari jumlah yang telah dibayarkan dimana itu memiliki prospek kinerja jangka panjang yang buruk?" ungkapnya.

Jika Anda berencana untuk menjual apa pun, pastikan Anda melakukannya sebelum 31 Desember untuk mengunci kerugian modal pada SPT Anda. Kerugian modal pada saham, dana, dan investasi lain dapat digunakan untuk mengurangi pendapatan dari capital gain.

4 dari 5 halaman

Jangan Ambil Uang Tabungan

Simpanlah uang simpanan Anda di tempat yang aman dan tidak mudah tergoyah untuk mengambilnya. Kontrol diri Anda untuk memakainya. Karena Anda berkerja keras, begitu pula dengan uang yang Anda hasilkan.

"Pertimbangkan untuk mengembalikan uang tunai Anda ke rekening tabungan hasil tinggi. Hanya membutuhkan beberapa langkah dan Anda bisa mendapatkan hingga 20 kali lebih banyak dibandingkan dengan rekening tabungan tradisional. Rekening tabungan online terbaik dapat dengan mudah memberi Anda persentase hasil tahunan sebesar 1,70% atau lebih tinggi," katanya.

5 dari 5 halaman

Pertimbangan Kegiatan Besar dengan Bijak

Perlu waktu yang matang untuk mempersiapkan rencana besar, di akhir tahun ini, pikirlah rencana besar untuk minimal 3 tahun kedepan agar dana yang disiapkan dapat cukup tanpa membuatmu terbebani dengan pengeluaran yang membengkak.

"Catat setiap pembelian besar atau peristiwa penting dalam hidup yang telah Anda rencanakan di masa mendatang. Untuk masing-masing, tentukan tanggal proyeksi dan jumlah total yang diperlukan untuk membiayainya. Kemudian bagi total yang diperkirakan dengan jumlah bulan hingga hari besar (ini akan memberi tahu Anda berapa banyak yang perlu Anda simpan setiap bulan untuk mencapai tujuan Anda)" jelasnya.

Reporter Magang: Nurul Fajriyah (mdk/did)

Baca juga:
Jangan Minder, Ini yang Harus Dilakukan Pria Saat Gaji Istri Lebih Besar
5 Tips Cerdas Kelola Uang, Biar Gak Pusing di Akhir Bulan
Tips Menabung untuk Milenial Bisa Berangkat Haji dengan Rp20.000
Ini Jalur Tercepat Jadi Miliarder, Tapi Juga Cara Paling Sulit
Waspada, 4 Hal Ini Menunjukkan Kantor Anda Sudah Tidak Sehat
Waspada, Trik Hemat Ini Justru Bikin Boros

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.